Apa itu Jarik dalam Bahasa Jawa? Simak Deskripsi nya!

Apa itu jarik dalam bahasa jawa? – Halo sobat langnusa.com gimana kabarnya semua, semoga hari ini menjadi hari yang membahagiakan buat kita semua. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit info mengenai deskripsi jarik dalam bahasa jawa.

Sebagai orang Jawa Anda tidak tahu dengan yang dimaksud dengan Jarik atau Jarik?.

Kebangetan kalau tidak tahu. Untungnya disekolah hal ini dibahas sehingga budaya Jawa pada generasi muda tidak hilang. Kan parah banget kalau anak jaman sekarang hanya tau nya celana jeans, Levis, pensil dan sebagainya.

Deskripsi jarik nganggo basa jawa

Jarik (kain jarik jawa) adalah kain panjang yang memiliki motif batik yang beragam corak.

Jarik ini merusak suatu lembaran kain dengan ujungnya yang tertutup (seperti sarung) yang digunakan sebagai bawahan yang digunakan untuk pria maupun wanita yang dipadukan dengan beskap maupun kebaya.

Inilah penampakannya:

Foto/gambar jarik (bawahan)

kain jarik wanita

Itu adalah jarik yang dipadukan dengan kebaya wanita. Jadi fungsi jarik ini adalah untuk pelengkap pakaian wanita.

Sebenarnya jarik ini dipakai oleh orang pada zaman dahulu di Jawa, terutama pada orang keraton atau kerajaan seperti di Solo dan Yogyakarta.

Kalau di keraton Yogyakarta mungkin saat ini masih ditemui orang yang memakai jarik ini. Sebenarnya jarik ini dipakai untuk kalangan umum, namun sekarang hanya dipakai untuk kalangan kejawen dan orang yang menjunjung tinggi budaya.

Baca juga:

Baca juga: Contoh Karangan Tentang Sumpah Pemuda Singkat Mudah

Jenis jenis jarik

Jenis kain jarik sebenarnya ditentukan dari motifnya. Jadi tidak ada jenisnya sendiri.

Misal kalau di jarik yang menggunakan motif parang, maka disebut sebagai jarik parang. Kalau jariknya menggunakan motif batik Mega mendung, maka disebut juga batik mega mendung. Kalau motifnya adalah kawung ya disebut Jarit kawung.

Sebagai anak sekolah, tentunya dari SD, SMP hingga SMA/ SMK pun sudah mengenal jenis jenis batik bukan?

Diantaranya ada: perang rusak, parang Barong, loreng , nitik, semen, kraton, Sudagaran, Sido Mukti, Sido luhur, Sido asih, Sekar jagad, tambal, Cuwiri dan sebagainya.

Intinya makna simbolik kain jarik ini ditentukan dari motif batik yang melekat pada kain tersebut.

Apa itu Jarik bahasa Jawa?

Inilah deskripsi Jarik dalam bahasa jawa. Jarik yaiku salah sawijing ageman tradisional wong Jawa kang dinggo kanggo gawe gatukan busana beskap utawa kebaya. Jarik iki bisa dinggo nang wong Lanang lan uga wong wadon.

Deskripsi beskap dalam bahasa jawa

beskap pria

Beskap yaiku busana resmi wong Jawa kang nduweni bentuk mirip kemeja. Iki biasa dinggo ing acara acara adat resmi ing Jawa. Beskap Iki biasa dinggo Karo jarik. Warnane biasane ireng, bagian mburine lewih cekak, ora ana krahe, pola benike minggir ora lurus.

Jenis jenis beskap

*.beskap gaya Solo
*.beskap gaya Yogya
*.beskap landung
*.beskap gaya kulon

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian jarik dalam bahasa Jawa dan deskripsinya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog langnusa ini ya… Thanks.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.