Penyakit Akibat Gangguan Fungsi Hati yang Harus Diwaspadai

Hati memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh kita, yaitu sebagai alat untuk menyaring racun. Lalu bagaimana jika seseorang terkena gangguan fungsi hati? Tentunya hal itu akan menyebabkan banyak masalah bagi tubuh kita. Maka dari itu, anda perlu tahu sekaligus mewaspadai mengenai berbagai penyakit akibat gangguan fungsi hati serta gejala yang mungkin mengidap kita tanpa disadari.

Gangguan fungsi hati ini bisa terjadi karena faktor genetik, lingkungan, makanan, hingga virus. Namun yang biasa menyerang adalah karena terkena virus hepatitis. Dari satu virus itu biasanya akan menyebar dan berkembang menjadi penyakit lain seperti kanker hati dan sebagainya.

Pada dasarnya, gangguan fungsi hati pada manusia yang paling utama adalah karena penyakit. Dari penyakit itu akan menyebabkan berbagai kerusakan yang lebih parah apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus. Misalnya kerusakan sel sel hati, pembengkakan, hingga pembusukan yang mana semua ini bisa berujung pada kematian seseorang.

Maka dari itu, anda perlu mengetahui macam-macam penyakit akibat gangguan fungsi hati beserta gejala-gejala seperti yang akan kami bahas dalam artikel kali ini. Hal itu dikarenakan mengingat betapa pentingnya fungsi hati bagi kita sebagai penyaring darah, produksi sel darah merah, dan yang paling pokok adalah untuk membuang racun. Memang cara mendeteksi penyakit hati bisa kita lakukan dengan melihat gejala yang ada, namun usahakan jika memang gejalanya mirip, segera kunjungi dokter terdekat untuk konsultasi.

Macam-Macam Penyakit Akibat Gangguan Fungsi Hati

Dibawah ini ada 3 jenis penyakit akibat gangguan fungsi hati yang seringkali dikeluhkan oleh seseorang dan bahkan penyakit ini menjadi salah satu penyumbang besar sebagai penyebab kematian seseorang yang selama ini terjadi.

1.Hepatitis

Penyakit hepatitis merupakan salah satu jenis penyakit akibat gangguan fungsi hati yang perlu anda waspadai. Penyakit hepatitis bisa disebabkan karena virus dan non virus. Dari golongan virus itu bisa berasal dari virus hepatitis A,B,C,D,E,G, virus mumps, rubella, herpes, cytomegalovirus, epstein barr. Selain itu bisa juga karena infeksi sitomegalovirus, mononukleus infeksiosa, demam kuning dan lainnya. Sedangkan untuk golongan non virus itu berasal dari jenis obat obatan dan alkohol.

Namun secara umum yang paling berpengaruh terhadap virus hepatitis itu adalah karena virus hepatitis A,B,C,D,E. Detailnya seperti berikut ini:

a)Virus hepatitis A

Virus ini mudah sekali menular dan menyebar dari satu orang ke orang lainnya. Karena virus ini bisa menular melalui makanan dan minuman. Hal ini biasanya terjadi pada suatu daerah yang kurang bisa menjaga kebersihan.

b)Virus hepatitis B dan C

Hepatitis yang berasal dari virus B dan C bisa sangat berbahaya, karena bisa menjadi penyakit yang menahun, kanker hati serta sirosis hati. Untuk virus jenis ini penularannya melalui alat transfusi darah dan juga melalui keturunan. Jadi penyebarannya tak semudah hepatitis A, namun akibat dari virus hepatitis ini berbahaya.

c)Virus hepatitis D

Virus ini bisa berpotensi menjadi penyakit hepatitis B. Dalam kebanyakan kasus, virus ini bisa berkembang dan membahayakan seseorang yang memiliki candu berat terhadap minuman alkohol.

d)Virus hepatitis E

Di beberapa negera terbelakang biasanya banyak yang mengidap penyakit ini. Secara umum, penyakit akibat virus ini hampir mirip dengan penyakit hepatitis A.

e)Virus hepatitis G

Ini adalah jenis virus hepatitis yang baru baru ini ditemui namun belum banyak diketahui oleh banyak orang.

penyakit akibat gangguan hati

2.Kanker hati

Penyakit akibat gangguan fungsi hati satu ini diakibatkan oleh virus hepatitis A dan B serta dari minuman jenis alkohol serta kegemukan. Bahkan dalam beberapa tahun belakangan ini, diketahui bahwa kanker hati merupakan penyakit kanker penyebab kematian tertinggi nomor dua setelah kanker paru paru. Jadi anda perlu mewaspadai penyakit satu ini.

Sel sel kanker akan menggerogoti sel hati, jadi jika semakin dibiarkan maka akan semakin berbahaya. Bahkan dalam beberapa kasus, hanya 2 dari 10 orang yang mampu bertahan hidup dari penyakit kanker hati.

Gejala gejala yang terjadi meliputi sering sakit perut bagian atas, sering lelah, kurus, warna kulit kuning, feses tidak berwarna kuning tapi pucat. Untuk pengobatan sendiri dilakukan dengan berbagai hal seperti operasi, kemoterapi, radiasi, pembekuan sel kanker, penyuntikan alkohol dan sebagainya.

3.Sirosis hati

Sirosis hati merupakan penyakit akibat gangguan fungsi hati yang disebabkan karena kerusakan hati dalam jangka panjang sehingga menyebabkan luka kronis pada hati. Luka yang dibiarkan dan berlangsung dalam waktu lama akan terus menyebar dan pada akhirnya menjadi pemicu dari gagal hati.

Sebenarnya hati adalah organ yang begitu cepat memperbaiki diri. Tapi jika luka semakin meluas, maka hati sendiri tidak bisa mengobatinya.

Gejala yang terjadi dari penyakit ini antara lain memar pada bebarapa bagian tubuh seperti pergelangan kaki, tangan, muka, perut, penurunan berat badan mendadak, kenaikan badan mendadak, sering mual dan muntah, mata dan kulit menguning, badan capek dan lesu, dan muntah darah.

Untuk penyebabnya penyakit ini sama halnya dengan penyakit kanker hati. Dan untuk pengobatan sendiri tidak bisa dilakukan, ya betul penyakit sirosis tidak bisa disembuhkan. Namun bisa dilakukan perawatan dan penanganan secara medis guna memperlambat proses kerusakan jaringan.

Atau anda dapat mengonsumsi berbagai makanan yang dapat memperbaiki fungsi hati dan menjaga kesehatan hati seperti beras merah. Anda bisa membaca artikel menarik lainnya tentang cara membuat jus wortel dan manfaatnya bagi kesehatan.

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai jenis penyakit akibat gangguan fungsi hati. Memang penyakit yang tidak diharapkan bisa datang kepada kita kapan saja. Yang perlu kita lakukan adalah selalu menjaga kondisi kesehatan serta usahakan sedari kecil kita melakukan imunisasi hepatitis untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*