Cara Memancing Tikus Keluar dari Sarang Persembunyiannya

Hai kawan, dalam artikel ini, saya ingin membahas mengenai trik, tips dan tutorial atau cara memancing tikus keluar dari persembunyiannya. Karena perlu anda tahu, bahwa agar tikus keluar dari tempat persembunyiannya itu sulit. Apalagi kalau cuma diiming imingi dengan berbagai makanan atau umpan kesukaan tikus.

Cara menangkap tikus dengan cepat dan manual tanpa bantuan alat seperti senapan angin atau bahan kimia seperti pestisida dari golongan rodentisida yang merupakan obat tikus berbahaya, merupakan keinginan banyak orang. Baik itu untuk rumah, got, sungai, atau disawah dan ladang pertanian. Karena jika menggunakan cara alami dan manual, maka risiko kerusakaan tanah dan ekosistem bisa ditanggulangi.

Nah berikut ini saya akan membahas mengenai cara memancing tikus keluar dari persembunyiannya. Jadi dalam artikel ini, saya hanya mengajarkan cara agar tikus keluar dari sarang saja, tidak membunuhnya atau membuatnya terluka. Yuk simak berbagai caranya di bawah ini.

Cara memancing tikus agar keluar dari sarang persembunyian

Di bawah ada beberapa tips yang bisa anda pakai. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan sendiri dan yang menurut anda itu paling mudah digunakan. Namun jika cara 1 tidak work, maka anda bisa menggunakan cara lainnya hingga work. Yuk simak selengkapnya pembahasannya.

1.Dengan jangkrik

Ini bisa berlaku untuk di rumah. Memang jangkrik bukanlah sebagai umpan tikus rumahan, namun justru jangkrik inilah yang akan membuat tikus keluar dari sarangnya. Jika anda tidak percaya, silakan anda bisa mencari atau membeli jangkrik jantan yang sudah bisa berbunyi. Jangan salah yang betina ya, kan nggak bisa berbunyi. Beli beberapa jangkrik, minimal 4 dan tempatkan dalam dua kandang yang berbeda. Jadi setiap kandang isinya 2 jangkrik yang berbeda dan diberi sekat.

Jangan lupa kasih makan. Setelah itu, letakan jangkrik itu di tempat yang jadi sarang tikus. Misalnya diatas langit langit rumah. Maka tikus pun akan keluar saat mendengar suara jangkrik dan nantinya akan berhamburan pergi dari rumah anda.

Hal tersebut terjadi karena suara jangkrik itu memiliki suara dengan frekuensi sangat tinggi. Jadi nantinya, tikus tikus itu akan takut dengan jangkrik. Untuk membuntikan bahwa suara jangkrik ini memiliki sinyal frekuensi super tinggi, maka anda bisa menggunakan HP anda untuk merekamnya saat malam hari. Jika anda putar kembali, pasti hasilnya hanya suara yang sangat lemah tidak sekeras bunyi tanpa rekaman.

Namun namanya tikus itu pintar dan licik. Mungkin saja tikus itu hanya pergi sebentar atau menyumpal telinga mereka. Maka dari itu, silakan simak cara selanjutnya jika cara pertama itu gagal untuk anda lakukan.

Baca juga: Kenapa tikus takut suara jangkrik dan buah bintaro?

2.Gunakan buah bintaro

Kenapa tikus takut buah bintaro? Tikus takut buah satu ini karena masalah dengan baunya. Bahkan baunya ini bisa meracuni kita sendiri loh. Jadi pastikan anda sebelum menggunakan buah satu ini untuk memancing tikus keluar dari sarang persembunyiannya, pakailah masker tangan dan masker penutup hidung dan mulut untuk mengurangi risiko terkena racun.

Caranya adalah buah bintaro yang masih mudah tapi jangan terlalu muda banget anda potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu tusuk pake bilah bambu lalu taruh di atas bara api seperti memanggang sate. Jika aroma sudah keluar dan agak gosong, selanjutnya taruh buah itu ke sekitar tempat yang diduga menjadi tempat persembunyian dari tikus.

Cara ini cukup efektif. Namun akan lebih baik lagi bila anda menambahkan dengan buah bintaro yang tua lalu di potong potong kecil dan ditaburkan di jalur yang sering dilalui tikus buahnya tanpa perlu dibakar terlebih dahulu.

Dengan cara ini, tikus akan keluar dari tempat persembunyiannya dalam waktu hitungan menit. Jika semakin banyak buah yang digunakan, maka tikus pun akan semakin mabuk dan mudah untuk anda tangkap dalam keadaan hidup hidup.

3.Racun tikus dora + lem tikus cap gajah

cara memancing tikus keluar dari persembunyiannya

Kalau yang satu ini, bisa anda aplikasikan di berbagai tempat di area terbuka seperti sawah, ladang dan sebagainya. Dirumah pun juga bisa, apalagi di sekitar got atau sungai kecil yang kumuh yang biasa jadi tempat sarang tikus wirog atau tikus raksasa super besar.

Anda bisa menggunakan racun tikus dora hanya sebagai alat untuk menarik tikus agar keluar dari persembunyiannya. Sedangkan lem tikus itu anda gunakan untuk menjebak tikus. Jadi jika anda ingin tikus itu bisa tertangkap hidup hidup, maka anda harus mengecek secara berkala.

Racun tikus dora ini baunya akan sangat membuat hewan tikus tertarik untuk memakannya. Bahkan hewan lain seperti kucing, anjing, atau hewan peliharaan juga tertarik mendekati baunya. Maka dari itu, anda harus menempatkan racun ini dengan sangat hati hati. Maka dari itu, ada yang bilang ini adalah umpan tikus paling ampuh untuk menarik tikus keluar dari sarang.

Gunakan racun tikus dora di sekitar tempat yang jadi sarang tikus. Lalu tempatkan lem lem ini di sekitar tempat itu. Bukan maksud saya promosi, lem ini memang kuat dan bagus karena tidak berwarna dan tidak memiliki aroma. Jadi tidak akan mencurigakan tikus. Lem ini bisa anda gunakan di kertas karton atau bahan lain seperti kayu. Yang penting jangan sampai tikus itu bisa lari.

Tapi namanya tikus itu memang cerdik. Kalau sudah ada temannya yang kena, maka seakan akan semuanya itu saling memberitahu satu sama lain agar tidak terkena dua kali di perangkap yang sama. Jadi usahakan anda lakukan cara ini di secara berpindah pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Jadi tikus bisa diatasi dengan baik.

4.Kucing dewasa atau anjing pemburu 

Yang terakhir ini memang sangat ampuh bila digunakan di rumah bila untuk kucing, atau gunakan anjing pemburu untuk ditempat di sawah. Memang ada yang lebih canggih lagi, yaitu burung hantu, namun burung hantu itu tidak bisa untuk memancing tikus keluar dari persembunyiannya, melainkan hanya akan mengincar tikus yang sedang berkeliaran. Berbeda dengan tikus dan kucing yang biasanya akan membongkar sarang tempat persembunyian tikus ini.

Berdasarkan pengalaman saya yang memilihara kucing, rumah pun aman damai sejahtera dari tikus. Namun setelah kucing mati, tikus kembali datang ke rumah. Tikus tidak takut suara kucing. Jadi kalau ada suara kucing saja, misal kucing yang kecil, tikus tidak takut.

Maka dari itu, peliharalah kucing dewasa, tapi bukan kucing hias. Tapi ingat, jangan sampai anda beli kucing itu ya. Karena jual beli kucing kan haram.

Kalau untuk anjing, saya kira itu bisa digunakan juga untuk menjaga ladang pertanian. Jadi tanaman pertanian akan aman, gak ada maling dari golongan hewan dan manusia.


Penutup:

Semoga pembahasan mengenai cara memancing tikus keluar dari persembunyiannya ini bermanfaat untuk kita semuanya. Memang ada umpan yang paling disukai tikus lainnya, namun belum tentu itu akan efektif. Atau anda bisa menggunakan menangkap tikus dengan botol aqua atau botol mineral.  Dan ada yang bilang tikus takut lada hitam dan garam, atau bahkan sabun batangan. Namun justru di rumah saya sabun batangan dimakan tikus.

Terima kasih telah mengunjungi blog langnusa dan membaca artikel tentang cara memancing tikus keluar dari tempat persembunyiannya. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Saya tunggu kedatangannnya lagi ya. Karena di blog ini setiap hari atau setiap minggunya akan ada update terus dengan berbagai jenis informasi yang unik dan menarik yang bisa jadi sumber pengetahuan dan referensi bagi anda semuanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.