Heboh! Penampakan Seperti Hulk di Luar Angkasa (Hanny’s Voorwerp)

Artikel ini adalah sebagai bentuk respon terhadap pendapat masyarakat mengenai penampakan seperti hulk di luar angkasa yang belakangan ini menjadi hal yang viral di dunia maya. Hal ini pun menjadi heboh bagi sebagian orang. Banyak sekali berita heboh penampakan seperti hulk yang beredar, tapi saya ingin mengulasnya kembali di blog langnusa ini.

Penampakan seperti hulk ini merupakan penampakan misterius di luar angkasa. Namun bukan penampakan makhluk tertentu, apalagi alien. Tapi ini adalah sebuah fenomena alam yang luar biasa menakjubkan. Memang segala yang diciptakan oleh Allah di alam semesta ini penuh dengan misteri yang tak bisa dengan mudah terpecahkan.

Penampakan seperti hulk di luar angkasa ini adalah salah satu fenomena yang terjadi di angkasa raya sana. Dikatakan mirip sama hulk adalah karena bentuknya dan juga warnanya yang hijau.

Kalian sudah tahu kan mengenai hulk ini?

Hulk ini merupakan salah satu tokoh dalam film besutan universal studio yang rilis perdana pada tahun 2003, yang masih termasuk ke dalam seri marvel. Karena kekuatannya itulah menjadikan dia menjadi dikenal oleh banyak orang, walau hanya sebatas lakon tidak nyata di dalam film.

Lalu apa hubungannya dengan penampakannya di luar angkasa? Silakan lihat saja gambar dibawah ini. Karena ada pepatah mengatakan bahwa sebuah gambar bermakna lebih dari seribu kata.

heboh penampakan seperti hulk luar angkasa

 

Heboh penampakan seperti hulk di luar angkasa

Bentuk gumpalan hijau yang mirip dengan hulk itu disebut dengan hanny’s voorwerp atau ada yang menyebutnya hanny voorwerp hubble. Untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasannya dibawah ini.

Itu adalah tipe yang jarangditemui dari obyek astronomi yang disebut echo ionisasi quasar. Ditemukan pada tahun 2007 oleh guru sekolah Belanda Hanny van Arkel, sementara dia ikut serta sebagai sukarelawan di kebun binatang Galaxy proyek. Photographically, muncul sebagai segumpal terang dekat galaksi spiral IC 2497 di rasi Leo Minor.

Hanny’s Voorwerp (HsV) adalah suatu hal dengan ukuran seperti sebuah galaksi kecil dan memiliki lubang tengah lebih dari 16.000 tahun cahaya. Dalam sebuah gambar yang diambil dengan HST, HsV adalah berwarna hijau, warna palsu standar yang digunakan untuk mewakili kehadiran beberapa garis emisi bercahaya bercahaya oksigen. HsV telah terbukti menjadi di jarak yang sama dari bumi galaksi berdekatan IC 2497, yang sekitar 650 juta tahun cahaya.

Bintang kelahiran yang terjadi di wilayah HsV yang menghadap IC 2497. Radio pengamatan menunjukkan bahwa ini adalah karena aliran gas yang timbul dari inti IC 2497 yang berinteraksi dengan wilayah kecil di HsV runtuh dan membentuk bintang-bintang. Bintang-bintang termuda adalah beberapa juta tahun.

40-halaman komik dan menawarkan promosi terkait tentang HsV dan cerita sekitar dipresentasikan di Con Dragon 24 di Atlanta pada 3 September 2010, serta gambar pertama dari HsV dari Teleskop Ruang Angkasa Hubble.

penampakan seperti hulk di luar angkasa

Hipotesis menunjukkan bahwa HsV terdiri dari sisa-sisa sebuah galaksi kecil yang menampilkan dampak radiasi dari acara quasar cerah yang terjadi di pusat IC 2497 sekitar 100.000 tahun sebelum bagaimana dirayakan hari ini. Acara quasar diperkirakan telah merangsang emisi cerah yang mencirikan HsV. Quasar mungkin telah dimatikan dalam 200.000 tahun terakhir dan tidak terlihat dalam gambar yang tersedia. Ini juga mungkin karena proses yang dikenal sebagai AGN umpan balik.

Baca juga: Fakta unik yang jarang diketahui banyak orang

Satu penjelasan yang mungkin untuk sumber cahaya hilang adalah penerangan dari quasar diasumsikan adalah fenomena yang sementara. Dalam kasus ini, dampaknya pada HsV akan masih terlihat karena jarak beberapa puluhan ribu tahun cahaya antara HsV dan quasar di galaksi terdekat: HsV akan menunjukkan “cahaya echo” atau “hantu gambar” peristiwa yang lebih tua dari yang saat ini terlihat di galaksi.

Pada 17 Juni 2010, sekelompok peneliti di Eropa VLBI jaringan (EVN) dan Inggris multi elemen Radio terhubung Interferometer jaringan (MERLIN), mengusulkan penjelasan terkait lain. Mereka hipotesis bahwa cahaya yang berasal dari dua sumber: supermassive black hole di pusat IC 2497, dan cahaya yang dihasilkan oleh interaksi dari jet energik dari lubang hitam dan gas yang mengelilingi IC 2497.

Pada bulan Februari 2012, W. C. Keel dan lain-lain diterbitkan kertas dalam pemberitahuan bulanan dari Royal Astronomical Society. Sebagai akibat dari bunga di serupa terionisasi awan untuk studi baik sejarah dan pengaburan aktif Galactic inti (AGN), peserta dalam proyek Galaxy Zoo (GZ) dilakukan pencarian luas seperti awan yang menggunakan data dari Sloan Digital Sky survei (SDSS).

Pencarian ini menghasilkan daftar galaksi 19 dengan awan AGN-photoionized terdeteksi untuk melampaui 10 kiloparsecs dari inti. Yang dijuluki ‘Voorwerpjes’ dari Belanda untuk ‘benda kecil’.

Pada Mei tahun 2015, Keel WC dan lain-lain menerbitkan sebuah studi dalam jurnal Astrophysical. Studi 8 dari Voorwerpjes 19 asli secara lebih rinci, berfokus pada ‘host-galaxy properti dan asal-usul gas.’ Di antara teleskop yang digunakan adalah 6 meter BTA-6 di Astrophysical Observatory khusus Rusia Akademi Ilmu pengetahuan.

Pada bulan Agustus 2013, F. Schweizer dan lain-lain menerbitkan makalah pada jurnal Astrophysical. Laporan penemuan Voorwerpje di pinggiran 7252 NGC diteliti dengan baik.

Contoh lain dari Voorwerpjes termasuk galaksi UGC 12914 dan 12915, yang menggabungkan. Sementara dalam proses penggabungan, UGC kecil 12915 telah membentuk voorwerpje kecil dekat itu.

hanny's voorwerp

Pada April 2016, sebuah studi diterbitkan dalam pemberitahuan bulanan dari Royal Astronomical Society menggunakan data yang dikumpulkan oleh Chandra sinar-x Observatorium pada bulan Januari 2012. Studi ditemukan X-ray emisi di 2497 IC terlihat ada suatu gelembung atau rongga sekitar AGN. Penulis berhipotesis bahwa ini bisa terjadi karena gelembung AGN meningkat pesat, atau quasar bercahaya masa lalu.

Demikianlah pembahasan mengenai penampakan seperti hulk di luar angkasa yang ternyata setelah diteliti lebih lanjut itu adalah sebuah hanny’s voorwerp. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog ini ya. Thanks.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.