Ternak yang Menguntungkan dalam Waktu Singkat

Berternak merupakan suatu bisnis yang telah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Hingga saat ini banyak orang yang menjalankan usaha ternak untuk dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Namun bagi anda sendiri, apakah ingin menjadikan ternak sebgai salah satu hal yang menguntungkan dan dijadikan ladang bisnis? Mari simak pembahasan mengenai ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat berikut ini.
Ada banyak sekali pilihan yang dapat dilakukan untuk menunjang kehidupan kita. Mulai dari bekerja menjadi karyawan di perusahaan orang lain, hingga usaha sendiri seperti beternak ini. Setiap orang memilki passion yang berbeda beda untuk menjalaninya. Ada yang suka akan bisnis, dan ada pula yang tidak suka bisnis dan lebih memilih bekerja diperusahaan orang lain.
Dalam artikel mengenai usaha yang masih jarang tapi menguntungkan, anda bisa membaca mengenai berbagai referensi peluang usaha yang bisa anda coba juga.

Usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat

Ada banyak pilihan mengenai berbagai macam ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Tergantung apa saja yang bisa anda suka, anda bisa memilihnya sesuka anda sendiri. Nah dibawah ini ada beberapa macam pilihan mengenai peluang usaha ternak yang bisa anda pilih. Berikut diantaranya:
1.Kelinci pedaging
Memang ada jenis lain dari kelinci yaitu kelinci hias. Namun kelinci daging ini lebih memberikan keuntungan yang jelas. Rasa dari daging kelinci ini sangat enak, sehingga siapapun juga pasti menyukainya. Bahkan banyak dari berbagai restoran dan rumah makan yang butuh kelinci namun kekurangan stok yang banyak.

Kelinci daging ini menjadi ternak hewan paling menguntungkan menurut saya. Kelinci daging ini bisa memberikan keuntungan dalam waktu singkat. Benar benar profitable. Hal ini karena daging ini akan sangat mudah berkembang biak. Dalam waktu 2 sampai 4 bulan saja sudah bisa berkembang biak beberapa kali. Memang secara sepintas marmut berkembang biak lebih cepat daripada kelinci, namun banyak yang tidak suka akan daging marmut daripada daging kelinci.

Kelinci daging ini bisa lebih menguntungkan daripada ternak lain sejenis seperti kambing maupun sapi. Namun yang perlu diperhatikan meliputi:
  1. Rumput yang selalu tersedia sepanjang tahun
  2. Kandang yang nyaman dan luas (kalau perlu dibuat tingkat)
  3. Kebersihan kandang yang terjamin
  4. Suplemen makanan yang bergizi

Dengan keuntungan itu, maka hal yang bisa anda lakukan adalah dengan segera memulai untuk beternak kelinci ini. Cara beternak kelinci pun mudah, nggak ada aturan serta tata cara yang baku. Jadi sebisa mungkin anda hal diatas harus benar benar terpenuhi.
Anda bisa memulainya dengan jumlah yang banyak maupun dalam jumlah yang kecil, tentunya harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Usahakan minimal anda memulainya dengan menggunakan minimal 7 ekor. Jantan 2 dan betina 5. untuk menghasilkan keturunan yang baik, pilih bibit yang memang berasal dari kelinci untuk pedaging sehingga akan lebih menguntungkan.
2.Ikan hias
Siapa sangka bahwa ikan hias juga banyak digemari oleh orang orang dewasa, bukan hanya oleh anak anak saja. Karena itu ikan hias ini juga menjadi salah satu jenis ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat dan cepat menghasilkan uang.
Ada banyak pilihan ikan yang bisa anda pilih, seperti ikan cupang, badut, koi dan sebagainya. Namun bila ingin menghasilkan ikan yang lebih menguntungkan maka anda bisa beternak ikan hias jenis arwana. Ikan hias ini akan lebih menguntungkan daripada ikan lainnya. Selain harga jual mahal, ikan ini juga banyak peminatnya.
Beternak ikan hias dibandingkan dengan ikan jenis lain seperti ikan konsumsi memang lebih menguntungkan. Namun tentunya anda harus bisa menemukan pasar yang tepat dan harga yang tepat pula. Banyak orang yang tidak suka memelihara ikan hias karena mereka tidak tau pasarannya. Jadi mereka lebih memilih budidaya ikan konsumsi.
Bahkan ikan hias jenis arwana ini harganya stabil, bahkan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Jadi bisa dipastikan bahwa ini merupakan salah satu jenis ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Dalam beberapa bulan saja, anda bisa mendapatkan keuntungan yang berkali kali lipat.
Jadi tunggu apa lagi untuk memulai bisnis ikan hias ini? 
3.Ayam pedaging

ternak ayam pedaging menguntungkan


Bisnis ayam pedaging juga profitable. Maka dari itu, banyak orang yang menjalankan bisnis ini dan menghasilkan dalam waktu singkat. Namun anda harus pandai pandai mencari alternatif pangan lain yang lebih murah saat harga pakan ayam konsentrat pedaging sedang naik.
Ayam pedaging ini menjadi salah satu jenis ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat loh. Karena dalam waktu 45 hari saja, anda bisa memanennya. Memang jika harga pangan sedang murah kita bisa mendapatkan banyak keuntungan saat panen nantinya.
Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kandang dan juga pakan yang teratur dan cukup. Karena semua itu demi kesehatan ayam itu sendiri. Jangan sampai ada virus masuk dan itu akan membahayakan semua ayam. Karena jika satu ayam terkena virus tetelo atau flu burung, maka semua ayam bisa terkena penyakit itu.
Ayam pedaging bisa menghasilkan keuntungan yang besar, yang peting pengelolaannya juga bagus. Ini adalah ternak yang sangat rentan, berbeda dengan ternak sebelum sebelumnya. Jadi bila anda ingin menghasilkan keuntungan dari bisnis ini, maka butuh pengetahuan, pengalamaan dan ketelatenan dalam hal ini. Kita perlu data dan perencanaan yang benar benar baik, dan juga kecepatan dalam penanganan ayam itu sendiri.
Jadi bila anda pemula, maka anda bisa mencoba bagaimana sulitnya memelihara ayam pedaging yang dimulai dari DOC (dayli old chiken) atau anak ayam umur sehari. Jangan bergegas untuk membuat peternakan dalam skala benar sampai anda benar benar memahaminya dengan baik. Selain itu waktu beternak yang baik juga harus diperhatikan. Misalnya panen harus saat hari raya lebaran yang mana harga sedang naik, atau saat awal tahun hijriyah juga lebih mahal. Jadi 45 hari sebelum itu anda harus sudah memulainya.
4.Bebek petelur
Ini juga menjadi bisnis peternakan yang paling menguntungkan. Siapa bilang bebek petelur tidak menguntungkan? Bebek petelur ini menjadi hal yang sangat menguntungkan apabila harga pakan sedang stabil atau tidak mahal. Anda harus bisa mengendalikan pangan agar tidak mengalami kerugian. Kalau beternak bebek petelur secara konvensional, bebek selalu diliarkan, dan disuruh untuk makan dari sawah kesawah. 
Namun dalam perawatan secara semi intensif ini dengan memberi pakan secara normal namun suatu waktu juga diangon kesawah. Akan tetapi lebih baik untuk beternak secara intensif saja. Jadi dibuatkan tempat yang luas untuk mandi bebek dan juga sebagai kandang. 
Bebek petelur ini merupakan salah satu ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Namun yang perlu diperhatikan juga adalah, anda jangan memelihara bebek saat umur masih kecil atau membeli DOD (dayli old duck) atau bebek umur sehari. Lebih baik membeli bebek yang siap panen walau harganya lumayan mahal, kalau yang berkualitas itu lebih dari 100 ribu per ekor.
Untuk hitungan keuntungannya itu bisa dihitung secara sederhana:

Misal kita ingin membeli 100 ekor, dan yang bertelur adalah 80% dan anggap saja saat beli sudah mulai bertelur, dan kebutuhan harian untuk makanan adalah 50 ribu.
100 ekor x 100000= 10 jutaPenghasilan perhari:
80 ekor x 2000/butir= 160000Keuntungan bersih 160000-50000= 110 ribu
Dalam jangka waktu 1 bulan berarti keuntungan yang didapat adalah 3,3 juta . Jadi dalam jangka waktu 3 bulan sudah balik modal.

Namun anda bisa mendapatkan banyak keuntungan apabila bisa mengolah pakan sendiri dari berbagai pakan yang tidak mahal seperti menggunakan keong, sisa sisa ikan dan sebagainya. Selain itu, sebelum dijual, jika telur itu dijual dalam bentuk lain seperti telur asin atau telur asap dan lainnya, maka itu akan lebih menguntungkan kedepannya. Jadi pandai pandailah dalam memanfaatkan sesuatu.
5.Kroto
Eits… jangan sepelekan bisnis usaha ternak kroto loh ya. Ini termasuk ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Dan sekarang pun kroto semakin banyak peminatnya. Antara lain sebagai pakan burung, pakan ikan dan pakan hewan lainnya. Ya tentu karena kroto atau telur semut rangrang ini memiliki kandungan protein dan vitamin lainnya yang tinggi.
Berdasarkan perhitungan secara singkat, dapat disimpulkan bahwa ternak kroto ini sangat menguntungkan. Namun yang sulit adalah menemukan tempat dimana orang menjual benih dan bibit semut rangrang untuk dibudidayakan. Maka dari itu, hal yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mencari sendiri di berbagai pepohonan besar.
Dan jangan lupa, makanan berupa gula dan zat lainnya juga harus terpenuhi. Jadi akan memiliki koloni yang besar dalam sarang buatan anda nanti. Sehingga hasil kroto yang didapat juga akan semakin naik nantinya. Untuk perhitungan dan tata cara budidaya kroto, silakan simak pada artikel lainnya ya.
6.Lebah madu
Budidaya lebah madu juga menguntungkan, yang penting anda punya peralatan yang memang mendukung untuk lebah madu agar bisa berkembang dengan baik. Selain itu, anda juga harus berani dengan lebah, karena kalau tidak berani, maka akan sangat sulit untuk ternak lebah madu ini.
Ada berbagai hal yang bisa anda hasilkan dari lebah madu, seperti madu, royal jelly dan lainnya, bahkan dalam beberapa hal, sengatan lebah bisa dimanfaatkan dalam hal terapi. Namun anda butuh banyak sekali kandang lebah untuk bisa benar benar menhasilakan madu yang banyak dan berkualitas.
Apalagi sekarang harga madu sangat mahal. Untuk satu botol ukuran 125 ml madu plus royal jelly, harganya sekitar 500 ribuan. Jadi ini akan sangat menguntungkan, apalagi sekarang sudah lebih banyak orang yang peduli terhadap kesehatan, dan tahu bahwa madu merupakan jenis obat yang baik untuk kesehatan.
Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa saya bahas, namun berhubung jari jari tangan sudah keriting untuk nulis, maka saya sudahin dulu ya.
Anda bisa mendapatkan informasi unik dan menarik dengan senantinasa mengunjungi blog langnusa ini. Sekian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Thanks.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.