Tanaman yang Menguntungkan dan Cepat Panen serta Mahal

Ada banyak sekali jenis tanaman cepat panen dan mahal yang ada disekitar kita. Namun berbagai jenis tanaman itu belum tentu cocok ditanaman didaerah kita. Jadi ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan untuk bisa budidaya tanaman yang menguntungkan.Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas lebih lanjut mengenai berbagai jenis tanaman mahal cepat panen yang bisa anda coba. Bagi kalian yang hobi dalam hal berkebun dan menanam berbagai jenis tanaman, maka silakan simak baik-baik artikel ini ya.

Sebenarnya, tanaman cepat panen dan menguntungkan itu bisa tergantung dari berbagai jenis. Jadi cepat itu relatif. Ada yang cepat itu dalam hitungan bulan atau minggu dan ada juga yang cepat dalam hitungan tahun. Jadi disini saya akan membahas mengenai berbagai jenis tanaman cepat panen yang dikategorikan berdasarkan waktu panen tanaman.

Memiliki tanaman yang bisa menghasilkan uang yang berlimpah adalah salah satu hal yang sangat dinantikan. Karena siapa sih yang gak butuh uang. Namun banyak orang yang menanam tanaman dengan tidak memperhatikan berbagai hal dalam budidaya tanaman. Hal itulah yang menyebabkan mereka aka menjadi gagal. Berbagai hal itu meliputi jenis tanaman, tanah dan iklim yang cocok untuk tanaman, kebutuhan tanaman dan juga harga tanaman itu sendiri serta seberap peluang untuk bisa terjual di daerah anda.

Maka dari itulah saya disini ingin memberikan berbagai hal yang berkaitan dengan tanaman yang menguntungkan dan cepat panen, dan tentunya harga panenya mahal dan stabil. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penanaman dan perawatan pohon agar hasil yang didapat maksimal.

 

Tanaman yang Menguntungkan dan Cepat Panen serta Mahal

1. Tanaman tahunan

*. pala

Pala merupakan salah satu tanaman yang menguntungkan. Hal ini karena tanaman ini dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim dan juga waktu. Buah pala ini dapat berbuah pada umur 3 hingga 4 tahun dimulai dari penanaman.

Anda bisa menanam tanaman ini di daerah dataran rendah maupun tinggi. Asalkan kebutuhan air dan cahaya matahari terpenuhi maka tanaman yang satu ini dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang banyak dan bagus.

Buah pala ini bisa dibilang mahal, karena sebagai rempah rempah dan obat herbal. Jadi kebutuhan dunia akan pala terus berkembang, apalagi setelah ditemukan bahwa pala memiliki suatu zat tertentu yang bisa menyembuhkan suatu jenis penyakit.

Pala ini memang tanaman yang menguntungkan, anda bisa mendapatkan banyak keuntungan apabila budidaya tanaman pala. Jika sudah mulai berbuah, maka anda bisa memanennya dengan cepat dan berkala. Namun bila anda menanam dalam jumlah yang besar, maka bisa dipastikan akan panen setiap hari.

Mulai dari kulit, biji, hingga daun juga bisa dimanfaatkan loh. Itulah sebabnya di daerah saya ada orang yang memiliki pohon pala 1 saja namun setiap bulannya bisa menghasilkan puluhan juta rupiah. Sungguh menggiurkan memang. Selain itu, perawatannya yang tidak terlalu sulit dan tidak banyak biaya, maka bisa dipastikan pala ini merupakan tanaman yang sangat potensial untuk anda tekuni.

*. sawo

Siapa bilang kalau sawo ini bukanlah tanaman yang menguntungkan? Sawo kecik ini bisa anda budidayakan ditempat dengan suhu udara yang tidak terlalu dingin. Buah ini akan cepat berbuah apabila menggunakan perbanyakan menggunakan okulasi maupun sambung pucuk. Dalam waktu 1 hingga 2 tahun saja sudah mulai berbuah.

Sawo ini merupakan buah yang cepat panen, dan merupakan tanaman yang juga berbuah sepanjang tahun. Jadi tidak mengenal adanya musim, tidak seperti mangga, rambutan, duren dan sebagainya. Jadi kita hanya mengenal musim duren, musim mangga namun tidak mengenal musim sawo.

Walaupun ini adalah buah yang berbuah sepanjang masa, namun harga buah ini tidak anjlok dan justru stabil. Pasar selalu mau menerima buah ini. Walau gak terlalu mahal, namun harganya yang stabil dan juga buahnya yang berbuah terus akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda.

Maka dari itu, kalau anda bingung mau mencoba bisnis tanaman apa, dan punya lahan yang lumayan, maka tanami saja dengan buah sawo ini. Maka anda akan mendapatkan keuntungan yang terus menerus. Apalagi banyak orang yang selalu menginginkan buah ini. Karena rasanya yang manis dan juga memiliki aroma khas, maka buah ini memang menjadi kesukaan banyak orang, terutama karena kandungan airnya yang banyak sehingga terasa menyegarkan apabila dimakan saat panas siang hari.

 

*. kelapa sawit

Ini cocok untuk anda yang suka akan investasi. Kelapa sawit akan memberikan keuntungan yang besar. Namun anda harus memiliki suatu perusahaan yang resmi, sehingga selain menanam, nantinya anda juga harus memiliki pabrik pengolahan minyak sendiri.

Saya tidak menyarankan untuk budidaya ini bagi yang bermodal kecil. Walau menanam kelapa sawit akan memberikan keuntungan yang besar kedepannya. Jadi saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai tanaman ini.

 

2. Tanaman musiman

Setelah membahas mengenai tanaman tahunan diatas, kalau anda ingin menanam tanaman yang cepat panen dalam hitungan minggu atau bulan, maka beberapa tanaman dibawah ini akan menguntungkan buat anda.

Namun yang perlu diperhatikan juga adalah, bahwa tanaman ini juga cocok untuk dijadikan sebagai usaha kecil maupun skala besar. Namun siklus dalam usaha tanaman ini bisa dibilang pendek, setelah panen tanam lagi, panen tanam lagi,begitu seterusnya. Jadi akan ada banyak biaya untuk hal itu, berbeda dengan tanaman tahunan diatas yang hanya butuh biaya perawatan saja.

Langsung aja simak beberapa tanaman musiman dibawah ini, siapa tahu ada yang cocok buat anda.

*. bawang merah dan putih

tanaman menguntungkan cepat panen

Bawang merah dan bawang putih merupakan salah satu bahan alami dalam hal masak memasak. Memang hampir sebagian kuliner membutuhkan bawang sebagai bahan untuk menambah cita rasa dalam suatu masakan.

Jadi karena kebutuhan yang terus menerus meningkat, maka bawang merah ini menjadi salah satu tanaman yang menguntungkan. Namun yang perlu diwaspadai adalah musim dan juga harga jual. Karena apabila salah memilih musim dan waktu yang tepat untuk menanam maka akan mengalami kerugian.

Baca juga: Usaha yang menguntungkan dalam waktu singkat tapi jarang dilakukan

 

*. kangkung

Kangkung ini juga menjadi salah satu tanaman sayur yang cepat panen dan yang diburu banyak orang. Berdasarkan pengalaman saya bekerja di perusahaan sayuran organik di Jawa Barat, menunjukan bahwa kangkung menempati peringkat kedua sebagai produk terlaris setelah bayam. Ternyata orang kota juga suka akan kangkung.

Menanam kangkung memang bisa dibilang mudah dan bisa ditanam musim apa saja, namun yang harus diperhatikan adalah hama yang menyerang. Banyak hama yang menyebabkan kangkung menjadi kurang baik untuk digunakan. Maka dari itu, hal yang dapat anda lakukan adalah dengan cara menjadikan kangkung itu sebagai salah satu tanaman yang wajib untuk dibudidayakan.

Panennya juga cepat, umur 3 minggu dari penanaman biji saja sudah bisa dipanen. Yang terpenting, untuk mendapatkan kualitas kangkung yang baik adalah dengan cara menanam di tempat yang terkena cahaya matahari penuh. Hal ini agar tanaman lebih terlihat segar, lebih hijau dan tidak terkesan kaku.

Untuk kangkung darat atau kangkung air, berdasarkan pengalaman dalam penjualan, bahwa kangkung air akan menempati peluang sebesar 70 dari 100 daripada kangkung darat. Ini artinya kangkung air lebih disukai orang, jadi lebih laris saat dijual. Namun bukan berarti kangkung darat gak laris loh ya. Karena banyak yang tidak mempedulikan kangkung darat maupun kangkung air saat mereka beli.

Jika anda ingin mencari tanaman yang menguntungkan di lahan sempit ya kangkung ini, ditanam disekitar rumah anda pun bisa. Seperti di pekarangan rumah anda yang terbatas dan sempit. Atau bisa juga ditanam dengan cara hidroponik. Namun untuk penanaman di pekarangan akan lebih baik lagi dalam menggunakan jenis kangkung darat.

 

*. bayam merah

Bayam merah menjadi salah satu tanaman yang menguntungkan dan cepat panen yang perlu anda coba. Bahkan tanaman bayam ini menemmpati posisi pertama sebagai sayuran yang paling diburu banyak orang. Terutama bayam merah, karena memiliki beberapa kandungan zat yang lebih banyak dibandingkan dengan bayam hijau.

Soal harga memang murah, namun anda dapat mengakali hal ini. Yaitu dengan cara menanam bayam dengan cara organik. Karena harga jual sayuran organik bisa 3 hingga 6 kali lebih mahal daripada sayuran non organik. Yang penting jangkauan pasarnya adalah mereka yang peduli akan kesehatan dan biasaya mereka masyarakat menengah keatas.

Untuk menanam tanaman ini saya kira anda sudah bisa, cukup menyebar benih. Ini adalah tanaman yang cepat tumbuh dalam 1 minggu. Dan pada umur 3 minggu sudah dapat dipanen. Namun serangga seperti belalang menjadi salah satu musuh utama dari bayam merah ini.

 

*. jamur tiram

Usaha jamur tiram juga bisa beromset puluhan juta hingga ratusan juta  rupiah perbulan loh. Jadi jangan disepelekan hal ini. Namun saya bingung, mau memasukan jamur sebagai tanaman atau bukan. Jadi saya tidak akan membahas lebih lanjut mengenai hal ini.

Beberapa jenis tanaman diatas itu memang bisa memberikan keuntungan bagi anda semuanya. Tapi tidak ada tanaman penghasil uang banyak. Yang penting itu dilaksanakan, bukan hanya dibaca tanpa adanya suatu itikad untuk bisa mewujudkannya. Perencanaan itu penting, yang lebih penting adalah segera mewujudkan rencana itu. Bagaimana apakah anda siap untuk mencoba menekuni bisnis tanaman seperti diatas?.

Semoga pembahasan mengenai tanaman yang menfuntungkan dan cepat panen dari di atas tersebut bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog langnusa ini untuk mendapatkan beragam artikel yang unik dan menyenangkan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.