Perbedaan Jenis Kartu ATM BRI Warna Hijau dan Biru serta Gold Beserta Fungsinya

Hai sobat langnusa semuanya, gimana nih kabarnya semuanya. Semoga hari ini menjadi hari yang membahagiakan buat kita semuanya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan kartu atm BRI yang berwarna biru, hijau dan gold. Perlu kalian tahu, bahwa jenis kartu atm bri dan fungsinya itu berbeda beda.

Ya beberapa hari yang lalu saya pergi ke kantor BRI kecamatan untuk membuka rekening, niatnya sih sekalian mau buat ATM dan juga buat internet banking dan sms bangking. Namun hal berbeda terjadi, saya tidak bisa membuka kartu ATM BRI darn internet banking maupun mobile banking. Namun nama saya dan rekening sudah terdaftar dan tercetak dan nomor HP maupun email juga sudah terdaftar.

perbedaan kartu atm bri biru vs hijau gold dan lainnya
Image by:  infobank.hol.es

Hal itu terjadi karena bank situ sedang kehabisan kartu atm, sehingga saya harus datang semingguan lagi. Akhirnya seminggu menjelang mendatang, saya mendaftarkan untuk mendapatkan kartu ATM BRI tersebut. Akhirnya saya lega jadi bisa mengambil uang di mesin dari hasil gajian.

Lalu setelah sekian lama kecurigaan saya mulai ada, kok kartu saya atm bri berwarna hijau sedangkan yang lainnya berwarna biru. Akhirnya setelah saya cari tahu kecurigaan itu hilang. Saya menemukan beberapa informasi mengenai perbedaan jenis kartu atm bri yang mana ada yang berwarna biru dan ada juga yang berwarna hijau.

Perbedaan jenis kartu atm bri

Perlu anda tahu, bahwa bank bri membagi kartu atm (kartu debit bukan kredit) menjadi 4. keempat itu adalah:

1.atm private label (kartu atm berwarna biru)
2.Atm bri classic (kartu atm bri berwarna hijau ada logo mastercard)
3.Atm bri gold (kartu atm bri ini berwarna emas)
4.Atm bri premium (kartu berwarna hitam)

Penjelasannya :

1.Kartu atm bri private label (kartu atm bri simpedes)

Apakah anda menggunakan tabungan bri dengan jenis simpedes (simpanan pedesaan)?. Bagi pemilik nasabah bank BRI dengan jenis simpedes ini akan mendapatkan kartu atm berwarna biru. Kartu ini bisa digunakan sebagai kartu debit yang dipakai hanya pada tempat yang bekerja sama dengan BRI saja (maestro, currus dsb). Tidak semua mesin bisa digunakan untuk bertransaksi dengan kartu ini karena tidak ada label master card.

Namun bukan berarti anda selaku pengguna nasabah bank bri tipe simpedes tidak bisa mendapatkan kartu lainnya loh. Anda bisa meminta ke CS bank untuk mengupgrade jenis pada kartu atm ini yang begitu terbatas. Baik terbatas dalam kegunaan maupun dalam hal transaksi. Namun apabila anda mengupgradenya baik ke atm bri classic yang berwarna hijau atau ke gold, maka anda juga akan dikenakan biaya perbulan yang lebih tinggi juga menyesuaikan dengan jenis kartu itu. Kar.ena jenis kartu atm bri warna biru ini tidak ada biaya atm bulanan.

Baca juga: Pengalaman User ID IB BRI Terblokir dan Mengatifkannya Kembali

Kartu atm bri private label yang berwarna biru dengan logo BRI yang besar pada tampak depan kartu ini, adalah yang jenis paling rendah limitnya. Adapun batasnya dalam satu harinya adalah:

(Maksimal/hari)

Limit pengambilan uang dari mesin atm : 5 juta
Limit belanja di berbagai merchant : 10 juta
Limit signature : 2 juta
Limit semua transfer antar rekening : 10 juta
Limit transfer melalui sms banking : 1 juta
Limit internet banking : 20 juta
Limit akumulasi RTGS IB antar bank : 200 juta

Kartu atm ini merupakan lebih aman seperti namanya private. Anda dalam proses pembuatan kartu ini pasti disuruh tanda tangan dibalik kartu atm nya bukan?. Nah hal ini mungkin tidak ditemui pada jenis kartu yang sudah menggunakan signature otomatis seperti menggunakan sistem teknologi master card.

Berbeda dengan yang lainnya, kartu atm ini tidak sembarangan bisa dipakai di mesin EDC yang tidak bekerja sama dengan BRI. Hanya mesin EDC yang terdaftar di BRI Link dan berbagai merchant saja yang sudah support. Dan sistem keamanannya sekali hangus. Jadi apabila kartu anda hilang tidak bisa sembarangan dipakai oleh pihak lain.

Kartu ATM ini tidak ada biaya bulanan alias gratis.

2.Kartu atm bri classic (kartu atm bri britama)

Jika anda adalah pengguna nasabah tipe bratama, maka secara otomatis akan mendapatkan jenis kartu atm bri classic yang berwarna hijau dan ada logo master card. Kita tak perlu membuat tanda tangan pada kartu ini, berbeda dengan kartu atm private label yang benar benar privat yaitu kita harus membubuhkan tanda tangan pada kartu atm.

Kartu atm jenis ini memang sekali pakai untuk PIN nya. Namun dalam beberapa kasus ada yang bilang bahwa hal ini bisa dipakai untuk berkali kali transaksi dengan menggunakan PIN hanya sekali saja. Hal ini bisa saja bisa disalahgunakan bila kartu anda tertinggal dalam suatu tempat.

Bahkan ada beberapa orang yang mengatakan bahwa kartu atm ini bisa digunakan tanpa PIN seperti halnya kartu kredit. Namun saya itu belum tahu pasti mengenai hal ini apakah benar bisa seperti itu atau tidak.

Ya kartu ini bisa saja dipakai di berbagai jenis mesin yang berlogo mastercard. Bisa digunakan di dalam negeri dan luar negeri juga loh. Dan ada banyak keunggulan lain yang dimiliki kartu ini. Namun saya kira kartu ini ada batas valid alias expired atau batas kadaluarsa karena demi keamanan yang lebih baik ditentukan dari sistem mastercard sendiri.

Untuk limit transaksi dengan kartu atm ini akan menyesuaikan dengan jenis limit yang dikhususkan untuk pengguna nasabah Britama. Limitnya adalah sebagai berikut:

(Maksimal/hari)

Limit pengambilan uang dari mesin atm : 20 juta
Limit belanja di berbagai merchant : 10 juta
Limit signature : 2 juta
Limit semua transfer antar rekening : 10 juta
Limit internet banking : 20 juta
Limit transfer melalui sms banking : 1 juta
Limit akumulasi RTGS IB antar bank : 200 juta

Untuk saat ini biaya bulanan kartu ATM ini adalah 1000 rupiah. (Baca juga: Tanaman yang cepat panen dan mahal)

3.Kartu atm gold bri

Untuk kartu jenis ini dikenakan biaya bulanan sebesar 4500 untuk saat ini. Kartu ini bisa dimiliki bagi pengguna nasabah britama. Kartu ini memiliki kelebihan dalam batas maksimal limit daripada kartu atm jenis classic. Selain itu, kartu ini bisa digunakan di seluruh jenis mesin mastescard.

Gak jauh berbeda dengan jenis classic, namun limit inilah yang lebih besar. Inilah beberapa jenis limitnya yang mungkin anda ingin tahu:

(Maksimal/hari)

Limit pengambilan uang dari mesin atm : 50 juta
Limit belanja di berbagai merchant : 20 juta
Limit signature : 5 juta
Limit semua transfer antar rekening : 15 juta
Limit internet banking : 50 juta
Limit transfer melalui sms banking : 10 juta
Limit akumulasi RTGS IB antar bank : 500 juta

Kalau anda adalah pebisnis yang menginginkan banyak transaksi dalam sehari yang mana membutuhkan limit lebih besar, maka anda bisa menggunakan jenis atm gold ini. Saya tidak tahu apakah syarat untuk upgrade menjadi gold kita membutuhkan catatan minimal gaji bulanan kita atau tidak.

Sebenarnya ada jenis lain yaitu kartu atm bri premium kartu atm bri platinum, atm syariah atm prioritas dan sebagainya. Namun saya tidak akan membahasnya. Karena 3 hal diatas saja sudah cukup untuk pengetahuan kita semuanya.

Semoga pembahasan mengenai perbedaan kartu atm berbagai jenis layanan yang ada ini bermanfaat buat kita semuanya. Jadi anda seharusnya sudah paham akan berbagai jenis kartu atm bri dan fungsinya ini yang ditandai dengan jenis warna yang ada misal biru, hijau, emas, hitam dan sebagainya.

Jangan lupa untuk mengunjungi blog ini setiap harinya ya. Jika ada hal yang ingin disampaikan silakan sampaikan pendapat di kolom komentarnya ya. Thanks.

7 Comments

  1. Saya pake Simpedes BRI dengan kartu debit warna biru, sejak bulan november 2015 biaya atm menjadi 3500. Barusan saya inbox fanpage Bank BRI dijelaskan biaya bulanan 5500 dan biaya ATM 1500. Mana yg benar?

  2. Klo pake kartu Atm BRI gold transfer dana ke debit Mandiri itu pending berapa hari baru sampe ya…teman saya kemarin udah tsf ke rekening mandiri saya ini hri kedua pending blom masuk juga

  3. setahu saya atm yg berwarna hijau tarik tunai di mesin atm perhari max cuma 5jt, sedangkan atm yg warna kuning tarik tunai di mesin atm perhari max cuma 10jt, mohon penjelasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*