Jawaban Mengapa Setiap Hari Manusia Harus Makan Nasi, Singkong atau Sagu?

Hai sobat langnusa, gimana kabarnya nih, semoga hari ini menjadi hari yang membahagiakan buat kita semuanya. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai pertanyaan yang sering ditanyakan siswa yaitu mengenai mengapa setiap hari manusia harus makan nasi, singkong,dan sagu. Untuk mengetahuinya silakan simak pembahasannya dibawah ini.

Baca juga: Jurusan kuliah yang menjanjikan untuk masa depan

Apa kesamaan yang dimiliki dari beras/nasi,singkong/ketela pohon, dan sagu?


mengapa setiap hari manusia harus makan nasi singkong atau sagu




Kesamaan dari ketiga hal tersebut adalah termasuk makanan pokok. Nasi adalah makanan pokok utama, sementara singkong dan sagu adalah makanan pokok cadangan. Jadi apabila anda tidak mendapatkan nasi, maka anda bisa mengganti dengan singkong dan juga sagu.

Sudah pasti anda tahu, bahwa yang namanya kita dalam hidup ini mungkin sudah terbiasa dengan makan nasi bukan? Namun perlu anda ketahui, bahwa yang namanya nasi ini apabila dikonsumsi secara terus menerus bisa menyebabkan hal yang kurang baik bagi diri kita. Maka dari itu, langkah baiknya untuk menanggulangi hal ini adalah dengan menyelingi untuk mengonsumsi makanan pokok pengganti nasi yaitu singkong, sagu dan lainnya seperti ubi jalar, jagung, gandum, talas, gembili, dan sebagainya.

Kembali lagi ke pertanyaan mengapa manusia setiap hari harus makan nasi singkong dan sagu. Hal itu adalah disebabkan karena nasi, singkong dan atau sagu ini merupakan makanan yang mengandung karbohidrat. Nah karbohidrat ini adalah suatu zat yang ada dalam suatu makanan tertentu yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh kita. Dari karbohidrat ini akan diolah menjadi zat gula yang akan menajadi sumber tenaga tubuh.

Jadi manusia harus makan makanan tersebut setiap hari bertujuan sebagai sumber tenaga bagi dirinya untuk menjalankan berbagai aktivitas sehari hari. Perlu anda tahu, bahwa 1 gram karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh kita ini akan menghasilkan 4 kalori. Hal itu bisa terjaid karena adanya proses pembakaran yang terjadi secara kimiawi.

Selain itu fungsi karbohidrat ini memiliki fungsi yang beragam seperti:

  • Membantu proses metabolisme tubuh (sebagai penyeimbang asam dan basa)
  • Pembentukan jaringan sel dalam organ tubuh
  • Membantu proses oksidasi lemak
  • Memperlancar proses pencernaan
  • Mengoptimalkan kerja protein
  • Mencegah defisit protein dan proses ketosis
  • Membantu agar merasa kenyang
  • Pembentukan makromolekul

Demikianlah pembahasan mengenai mengapa setiap hari manusia harus makan nasi, singkong, atau sagu. Semoga ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan memperdalam tentang materi IPA.

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog langnusa ini ya kawan. Karena dengan mengunjungi setiap hari itu akan memberikan energi buat saya untuk terus menulis dan berkarya. Selain itu anda akan mendapatkan banyak info unik dan menarik setiap harinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*