Akibat Terlalu Sering Berkhayal Bikin Otak Cepat Lupa

Halo sobat langnusa, tahu gak bahwa berkhayal dan sering melamun akan membuat seseorang lebih mudah cepat lupa dan juga tidak mudah konsentrasi. Ini berbahaya buat anda yang suka mengalami hal ini.

Dampak negatif terlalu sering berhayal ini memang benar benar buruk bagi kondisi kesehatan kita, terutama kondisi kesehatan mental. Dengan berhayal juga akan membuat waktu kita terpotong percuma.

Berhayal, berimajinasi dengan bermimpi apa bedanya?

Secara sepintas ketiga hal tersebut hampir sama bukan? Ya persamaanya adalah otak kita akan memberikan sesuatu gambaran terhadap apa yang kita inginkan.

Namun yang membedakan ketiganya itu adalah kondisi kesadaran kita yang akan mempengaruhi resolusi gambaran yang terjadi. Misalnya anda bermimpi, maka anda sedang berada begitu dalam di kondisi bawah sadar dan otak pada gelombang theta. Di kondisi ini sebenarnya kita akan sangat mudah untuk berkonsentrasi, bisa menciptakan sesuatu dengan jelas, bahkan dapat menciptakan dunia yang tidak pernah ada di dunia nyata.

Saat kita tertidur, maka akan terjadi mimpi yang begitu jelas bahkan sangat jelas. Bermimpi ini ada yang bilang sebagai bunga tidur. Sebenarnya dalam mimpi kita bisa merasakan capek, sakit, marah, sedih, ketakutan luar biasa dan sebagainya yang sama dengan dialami kondisi nyata.

Namun semua itu tidak tersimpan dalam memory utama di otak kita, sehingga saat bangun tidur anda mungkin hanya mengingatnya sedikit hal saja. Selain itu ada bagian yang mengatur agar hal itu tidak berdampak pada tubuh fisik kita. Misal saat kita kesakitan saat bermimpi, kita tidak akan kesakitan tubuh fisiknya.

Ada banyak keajaiban dalam mimpi, seperti lucid dream yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal termasuk penelitian ilmiah. Selain itu disana bisa kita ciptakan mimpi berlapis atau mimpi bertingkat. Bahkan saya pernah mencobanya hingga lebih dari 7 tingkat, namun tentunya tidak ada perbedaan ruang waktu pada tiap tingkatan seperti pada film inception.

Sebenarnya saya ingin membahas lebih lanjut mengenai berbagai misteri di balik kesadaran kita dan ada fenomena apa di alam lain (alam mimpi).

Kalau berimajinasi itu pengembaran pikiran yang diatur dengan membayangkan sesuatu yang bakal terjadi. Perbedaan berkhayal dan berimajinasi ini adalah dari segi manfaat, kalau berimajinasi ini biasanya dibutuhkan dalam suatu kondisi yang berada di kenyataan. Sedangkan berkhayal ini hanya untuk memenuhi keinginan atau hanya sebagai pelampiasan perasaan diri kita.

Berimajinasi ini tidak hanya bisa terjadi di kondisi beta saja. Karena berimajinasi ini benar benar dikendalikan oleh pikiran seseorang sehingga benar benar tahu kemana arah imajinasi itu harus berjalan, jadi biasanya berada di level gelombang otak beta. Namun sebenarnya, kita bisa berimajinasi lebih baik lagi apabila menggunakan level alpha.

Akibat terlalu sering berkhayal secara psikologis dan secara fisik

dampak buruk terlalu sering berkhayal langnusa.com

Kalau berhayal ini pengembaraan pikiran yang tidak terlalu dikendalikan, jadi berkhayal bisa ngelantur kemana pikiran menginginkannya. Berkhayal ini adalah yang akan berdampak negatif terhadap berbagai hal, berbeda dengan berimajinasi dan bermimpi.

Berhayal itu bisa diartikan sebagai berandai andai. Bisa berandai andai kemasa depan atau berandai andai kemasa lalu. Contoh berandai andai ke masa lalu adalah dengan membayangkan hal baik yang terjadi bila anda tidak melakukan kesalahan. Misal anda berandai andai ke masa depan adalah membayangkan anda menjadi seorang yang dikagumi banyak orang, punya duit banyak dan sebagainya.

Dalam islam, berandai andai dilarang. Dari pada kita berhayal dan melamun, maka kita akan lebih baik lagi jika menggunakan waktu yang ada untuk mengingat dan berdzikir kepada Allah. Karena berandai andai ini akan membuka pintu setan, dan bisa menyebabkan anda berbuat hal yang tidak diinginkan. Selain itu, melamun dan sebagainya bisa mengantarkan kita untuk berpikir jorok dan yang tidak seharusnya.

Berkhaya dalam pandangan islam itu sebenarnya tidak terlalu dilarang, tapi disuruh dijauhi karena dapat mengakibatkan sesuatu yang membawa pada mudharat. Jadi apabila anda sering menghayal, maka jauhilah segera ya. Baca juga: Hukum menjulurkan lidah bagi wanita saat selfie.

Kalau berimajinasi itu memiliki manfaat dalam mengembangkan kemampuan otak kanan, namun kalau berhayal ini justru membuat rusak otak. Seakan akan seperti sebuah lem yang akan melekat dalam pikiran dan memori tubuh kita. Jadi kalau kita mau mengambil memori memory lama yang ada di otak kita akan terasa lengket dan sulit diambil apalagi dibaca. Hal itulah yang menyebabkan kita mudah lupa.

Berimajinasi itu seperti seorang pelukis yang membayangkan apa yang ingin di lukis, desainer berimajinasi untuk menciptakan sebuah desain atau rancangan yang kreatif dan inovatif, dan sebagainya. Jadi imajinasi ini akan mengembangkan kemampuan dalam menciptakan hal hal baru. Berbeda dengan melamun atau berkhayal yang tidak akan membuat apapun.

Jadi sekarang setelah sudah tahu mengenai dampak buruk berhayal dan melamun, anda kembali ke diri sendiri. Misalnya anda bertanya tanya kepada diri sendiri, kenapa saya mudah lupa, baru tadi dipikirkan kok sekarang lupa. Nah anda instropeksi diri, apakah anda suka berhayal yang gak jelas dan sebagainya. Jika ya maka itu penyebabnya. Karena akibat terlalu sering berkhayal ini adalah mampu melemahkan daya ingat.

 Namun apabila anda pelupa tapi tidak diakibatkan karena sering berkhayal, bisa jadi karena anda kurang oksigen yang diakibatkan kurang olahraga dan bisa juga kekurangan zat besi, protein dan berbagai vitamin dan mineral lain.

Cara menghilangkan kebiasaan berkhayal menurut saya itu mudah. Biasanya kan berhayal itu terjadi sebelum tidur, dan saat sedang menyendiri kesepian. Jadi usahakan anda agar saat sebelum tidur dan saat sedang kesepian gunakan waktu untuk mengingat Allah, maka anda akan terbebas dari kebiasaan menghayal ataupun berbicara sendiri karena hayalan itu.

Semoga pembahasan mengenai akibat terlalu sering berkhayal ini bermanfaat buat kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog langnusa ini setiap harinya ya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*