Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Paling Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi anyang-anyangan dengan cepat – Anyang-anyangan, merupakan salah satu ganguan yang umumnya terjadi akibat infeksi yang ada pada saluran kemih. Keluhan anyang-anyangan membuat seseorang tersiksa karena mengeluarkan urine secara tidak lancar atau kadang hanya berupa tetesan saja, bahkan tak jarang di sertai rasa perih yang begitu menyiksa.Gangguan ini juga sering menimbulkan rasa sakit dan panas seperti terbakar. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi anyang-anyangan paling ampuh dan cepat tersebut agar penderitanya tidak semakin tersiksa.

Tetapi faktanya cara mengatasi anyang-anyangan tidak bisa di lakukan dengan mudah. Walaupun terkadangan memang bisa sembuh dengan cepat, tapi tak jarang keluhan anyang-anyangan tersebut bisa berlangsung lama.

Bahkan biasanya sampai berhari-hari. Nah pada kesempatan ini saya ingin memberi tahu kepada anda semua mengenai apa itu anyang-anyangan, apa itu penyebabnya dan cara menyembuhkan anyang – anyangan.

Lantas apa pemicu dari anyang anyangan ini?

Penyebab dari gangguan anyang-anyangan ini beragam sekali sekali. Bisa karena efek dari peradangan yang terjadi pada kalenjar prostat (bagi laki- laki).

Sementara bagi wanita yang baru menikah, ada kalanya merasakan sakit ketika hendak buang air kecil atau anyang-anyangan ini, sehabis berhubungan badan. Dan masih banyak lagi berbagai pemicu terjadinya anyang-anyangan tersebut.

Jadi sebelum memikirkan cara mengatasi anyang-anyangan alangkah baiknya di cari tahu dulu penyebabnya. Karena berbeda penyebab beda pula cara mengatasi anyang-anyangan tersebut.

Jadi bisa menentukan mau menggunakan obat alami atau natural  atau menggunakan obat obatan kimia.

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Paling Ampuh

cara mengatasi anyang-anyangan paling ampuh
Ilustrasi anyang-anyangan pada wanita

 

Penyebab Anyang-Anyangan

Anyang- anyangan memang cukup menganggu, karena bisa memicu rasa sakit dan keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus.

Nah sebelum kita membahas tentang cara mengatasi anyang-anyangan paling ampuh idealnya anda pahami dulu berbagai penyebab anyang- anyangan berikut ini.

*. Kurang cairan atau dehidrasi

Kekurangan cairan pada tubuh akibat konsumsi air putih yang tidak cukup, dapat memicu terjadinya penghambatan aliran air kencing. Gangguan ini dapat terjadi akibat produksi urin dalam tubuh yang tidak maksimal. Akibatnya, kandung kemih menjadi tidak penuh.

Ketika kandung kemih penuh, keinginan buang air akan mendorong keluarnya air seni dengan kencang, sehingga seluruh isi dalam kandung kemih akan keluar. Sebaliknya, ketika kandung kemih tidak penuh, air seni dalam kandung kemih akan tersisa lantaran lemahnya aliran kencing.

*. Kuman

Kuman bisa masuk ke dalam tubuh karena beberapa hal dan menyebabkan gangguan yang berakibat pada anyang- anyangan. Mengingat ada banyak tempat yang dihuni oleh kuman, ada baiknya anda selalu menjaga kebersihan terlebih setelah berada di area yang kotor terutama kamar mandi ataupun tempat umum yang lain.

*. Terjepit organ lain

Penyebab seseorang mengalami anyang- anyangan yang selanjutnya adalah karena saluran kencing yang terjepit oleh organ dalam tubuh. Organ dalam tubuh tersebut dapat menekan area kemih akibat mengalami pembengkakan. Saluran kemih yang menyempit akibat terjepit tersebut, akan membuat air seni yang keluar hanya sedikit.

*. Bakteri chlamydia

Bakteri Chlamydia menjadi jenis bakteri yang cukup sering menyebabkan gangguan anyang- anyangan, karena hidup di organ intim wanita. Ketika seorang wanita mengalami keputihan, bakteri ini bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menganggu kesehatannya.

*. Menopause

Bagi seorang wanita yang telah berhenti haid atau menopause, gejala anyang- anyangan bisa cukup sering terjadi. Gejala yang satu ini bisa terjadi akibat adanya penurunan hormon estrogen dalam tubuh yang menyebabkan saluran kemih terinfeksi.

*. Batu ginjal

Batu ginjal menjadi salah satu penyebab terjadinya anyang- anyangan. Keberadaan batu ginjal sendiri bisa menekan saluran kemih manusia dan berakibat pada keinginan untuk buang air secara terus menerus.

Meski keinginan untuk buang air cukup tinggi, namun sayangnya, air seni di dalam saluran kemih sendiri tidak bisa dikeluarkan semua akibat penyumbatan dari batu ginjal.

*. Alergi

Pada seorang pria, anyang- anyangan juga bisa terjadi akibat faktor alergi. Alergi ini, bisa jadi disebabkan oleh cairan atau lendir dari vagina yang berasal dari pasangannya, terlebih ketika melakukan hubungan badan. Menghindari hal ini, ada baiknya anda melakukan pengecekan cairan keputihan pada pihak wanita agar aktivitas seksual yang dilakukan tidak terganggu.

*. Pola hidup yang tidak bersih

Pola hidup yang tidak bersih dapat memicu terjadinya banyak hal buruk terlebih bagi kesehatan anda. Pola hidup yang demikian, juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan terjadinya anyang- anyangan. Banyak dari beberapa pasangan yang tidak membersihkan organ intim mereka terlebih dahulu saat ingin ataupun sesudah melakukan hubungan badan.

Akibatnya, kuman akan masuk kedalam organ intim, menuju saluran kemih dan mengakibatkan gangguan anyang- anyangan. Budayakan hidup bersih, jika anda tidak ingin mendapatkan gangguan kesehatan dalam bentuk apapun.

*. Struktur dari organ intim yang tidak biasa

Struktur dari organ intim yang tidak biasa atau tidak normal, menjadi salah satu alasan seseorang bisa menderita anyang- anyangan. Adapun bagian yang tidak normal dan menyebabkan gangguan ini terletak pada refluks urin. Dalam hal ini letak refluks urin lebih tinggi jika dibandingkan dengan saluran kemih. Akibatnya tekanan hidrostatik akan meningkat dan memicu terjadinya infeksi pada saluran kemih anda.

*. Prostat yang bermasalah

Penyebab anyang- anyangan pada pria, bisa terjadi karena prostat yang terganggu. Dalam hal ini, prostat yang mengalami gangguan kesehatan tersebut menyebabkan gangguan fungsi, sehingga kinerjanya menjadi tidak maksimal.

*. Penyakit diabetes

Salah satu jenis penyakit yang harus anda waspadai karena bisa meningkatkan resiko kematian adalah penyakit diabetes. Tidak hanya itu, namun penyakit kronis yang satu ini, juga dapat memicu seseorang mengalami gejala anyang- anyangan, sebagai bentuk reaksi dari penyakit.

Mereka yang menderita diabetes mellitus, umumnya merasakan gejala ingin buang air kecil secara terus menerus, meski seni yang keluar hanya sedikit.

Selain penyakit diabetes, beberapa jenis penyakit yang memicu terjadinya anyang- anyangan adalah hipertensi, asam urat hingga infeksi pada saluran kemih. Adapun ragam penyakit yang memicu gejala anyang- anyangan tersebut, sebaiknya segera diobati karena jika tidak maka gangguan kemih bisa anda rasakan secara terus menerus.

*. Faktor kehamilan

Kehamilan menjadi salah satu hal yang paling ditunggu- tunggu bagi tiap pasangan yang menikah. Meski demikian, kehamilan sendiri bisa menyebabkan terjadinya banyak ketidaknyamanan pada tubuh dimana salah satunya adalah gangguan anyang- anyangan. Ketika kandungan ibu semakin besar, maka kandung kemih juga akan semakin tertekan.

Hal ini dapat menyebabkan keinginan buang air kecil secara terus menerus oleh ibu hamil. Meski jumlah air dalam kendung kemih hanya sedikit, keinginan buang air kecil tetap akan muncul akibat penekanan kandung kemih yang terjadi.

*. Uretra yang lebih pendek

Bagi seorang wanita yang memiliki uretra lebih pendek, bisa saja mengalami gangguan anyang- anyangan. Adapun penyebabnya adalah gangguan kuman ataupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui uretra yang lebih pendek dari biasanya tersebut.

*. Penggunaan alat KB

Penggunaan alat KB yang dipilih, memang harus diperhatikan dengan benar. Karena jika tidak, maka gangguan anyang- anyangan bisa saja terjadi. Terlebih jika alat KB yang ibu pilih, berbentuk spiral dan dimasukkan ke dalam rahim wanita.

Menghindari gangguan anyang- anyangan yang berlebih akibat penggunaan alat KB, ada baiknya anda selalu melakukan kontrol pada alat KB yang anda gunakan untuk menghindari yang buruk yang bisa saja terjadi.

*. Infeksi pada saluran kemih

infeksi yang terjadi pada organ pembuangan urin atau saluran kemih ini, dapat memicu terjadinya anyang- anyangan. Beberapa infeksi yang memungkinkan gangguan ini adalah infeksi prostat, infeksi pada saluran kencing serta infeksi pada organ ginjal. Untuk itu cek secara mendetail mengenai kondisi ini saat anda sering mengalami anyang anyangan.

Jangan sampai anda terlambat menanganinya. Karena jika terlambat akan lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lumayan lama iuntuk penyembuhannya.

Dalam suatu riset diketahui bahwa 5 dari 10 wanita dunia menderita infeksi saluran kemih yang ditandai dengan gejala anyang-anyangan ini. Jadi jangan dianggap sepele. Karena saluran kemih perempuan sangat cocok sebagai tempat hidup bakteri jahat bernama E coli. Jadi kalau anyang-anyang, waspadai agar tidak terjadi infeksi saluran kemih ini.

Jika memang anyang- anyangan yang terjadi pada anda disebabkan karena infeksi ataupun gejala dari jenis penyakit tertentu, ada baiknya segera melakukan pengobatan atau berkunjung ke dokter ahli.

Nah di atas adalah berbagai penyebab anyang-anyangan yang merupakan pemicu keluhan menyakitkan tersebut, dan pastikan cara mengobati anyang-anyagan yang anda lakukan disesuaikan dengan penyebabnya tersebut.

Dari beberapa sebab terjadinya anyang-anyangan di atas ada salah satu pemicu terjadinya anyang anyangan yang disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Jika itu yang terjadi maka cara mengatasi anyang-anyangan yang di lakukan haruslah berbeda. Dan tidak boleh di sepelekan.

Sebaiknya bukan hanya mengobati rasa tidak nyaman akibat anyang-anyangan tersebut, melainkan juga mengobati permasalahan utamanya. Yaitu menyembuhkan infeksi saluran kemih yang di derita.

Nah agar lebih jauh mengetahui apa itu infeksi saluran kemih dan apa hubungannya dengan penyakit anyang-anyangan, berikut ini adalah ulasan khusus mengenai seputar penyakit infeksi saluran kemih berikut cara penyembuhannya.

Baca juga: Cara mengatasi mabuk kendaraan selain antimo

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih?

ISK atau Infeksi Saluran Kemih merupakan kondisi dimana organ sistem kemih seperti uretra, kandung kemih, dan ginjal mengalami infeksi. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja terutama wanita yang memiliki uretra lebih pendek dari pada laki-laki.

Dimulai dari ginjal, kotoran darah disaring dan diolah menjadi air urine, urine ini kemudian dialirkan melewati ureter ke arah kandung kemih untuk ditampung. Selanjutnya urine dibuang keluar dari tubuh lewat saluran bernama uretra. Berdasarkan gejala yang ditimbulkan ada 2 jenis Infeksi Saluran Kemis, yaitu ISK bagian atas dan ISK bagian bawah.

Berbagai penyebab infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih umumnya dikarenakan saluran kemih yang tersumbat sesuatu berbentuk batu kristal, sumbatan ini membuat kencing terasa sakit dan tidak nyaman.

Namun jika air seni bercampur darah, maka kemungkinan besar terdapat infeksi yang cukup parah pada saluran kemih. Jenis batu kristal yang menyumbat saluran kemih bisa bermacam – macam, ada kalsium oksalat, batu asam urat, kalsium karbonat, dan systin.

Dibandingkan pria, wanita lebih beresiko terkena penyakit ini karena saluran uretra pada perempuan cenderung lebih pendek dari laki-laki. Uretra perempuan hanya memiliki panjang 3-5 cm.

Berbeda dengan laki-laki yang memiliki uretra sepanjang alat kelaminnya, jadi bakteri sulit menginfeksi. Namun tidak menutup kemungkinan juga pria dapat terinfeksi ISK.

Faktor utama penyebab penyakit ISK yakni menurunnya kekebalan tubuh. Jadi bakteri akan sangat mudah masuk dan menginfeksi karena sistem imun yang lemah.

Bakteri-bakteri penginfeksi ini umumnya berasal dari kelamin itu sendiri, dubur, dan dari kelamin lawan jenis saat berhubungan intim.

Bakteri yang masuk akan berkembang biak dan menginfeksi bagian-bagian kandung kemih, dan lebih parahnya lagi bisa sampai ginjal. Faktor lain penyebab ISK adalah wanita yang kurang memperhatikan kebersihan tubuhnya terutama organ intim.

Faktor yang Memicu Terjadinya Resiko Infeki Saluran Kemih

Sering menahan kencing, menahan kencing tidak baik untuk kesahatan terutama kandung kemih karena saat itu lah kesempatan bakteri untuk masuk dan berkembang biak

Mempunyai riwayat penyakit pada kelamin

Tidak kencing sebelum berhubungan suami-istri, umumnya terjadi pada pengantin baru. Sangat disarankan untuk kencing dahulu sebelum berhubungan seks agar kelamin bersih
Mempunyai riwayat batu di area ureter
Salah dalam melakukan cebok

Kurang memperhatikan kebersihan kelamin.

Ciri-ciri Infeksi Saluran Kencing yang Sering Terjadi

1. Sering merasa ingin kencing atau anyang-anyangan

Salah satu gejala Infeksi Saluran Kencing yang pertama adalah terlalu sering merasa ingin kencing. Penderita akan selalu merasa ingin kencing walaupun beberapa menit sebelumnya sudah melakukannya.

Meski begitu air seni yang keluar amatlah sedikit dan ada perasaan kurang puas karena belum seluruhnya keluar. Sering kali perasaan ingin berkemih ini juga sulit untuk ditahan namun saat dikeluarkan air seni yang keluar sangat sedikit. Ciri – ciri ini terjadi karena infeksi pada saluran kencing bagian bawah dan kandung kemih.

2. Rasa nyeri pada perut bagian bawah

Ciri – ciri infeksi saluran kencing selanjutnya adalah ditandai dengan rasa nyeri pada perut bagian bawah dimana area ini merupakan tempat kandung kemih. Nyeri yang dirasakan juga tidak seperti nyeri pada umumnya. Perasaan nyeri akibat ISK ini cenderung aneh dan membuat perut amat tidak nyaman. Gejala ini perlu diwaspadai karena dapat mengindikasikan bahwa ada batu ginjal yang tumbuh pada area kandung kemih.

3. Sering kencing malam hari

Ciri – ciri ini sebenarnya merupakan lanjutan dari perasaan ingin kencing yang terlalu sering. Biasanya perasaan tersebut akan berlanjut hingga malam yang membuat penderita akan sering terbangun hanya untuk kencing. Namun seperti yang sudah dijelaskan di atas, air seni yang keluar sangat sedikit dan ada perasaan tidak puas setelahnya.

4. Terasa nyeri saat kencing

Ciri – ciri ini adalah indikasi utama terjadinya Infeksi Saluran Kemih. Nyeri yang dirasakan lebih kepada panas seperti terbakar saat hendak atau sedang kencing. Namun rasa panas ini akan hilang dengan sendirinya seiring selesainya proses kencing. Ciri – ciri ini ada hubungannya dengan infeksi pada saluran kencing bagian bawah dan juga pada area kandung kemih.

5. Kencing berwarna merah

Ini merupakan gejala yang cukup parah dan harus segera dibawa ke dokter. Kencing yang berwarna merah menyerupai darah mengindikasikan adanya infeksi pada saluran kencing dan kandung kemih atau bahkan ginjal. Tapi belum tentu kencing merah ini karena adanya infeksi tersebut. Bisa saja disebabkan oleh penyakit ginjal lain, atau efek obat TBC yang tidak berbahaya. Untuk itu segera periksakan ke dokter untuk memastikannya.

Cara menghindari Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Untuk menghindari ISK, terutama bagi perempuan. Berikut solusi yang bisa dilakukan.

#Sesering mungkin buang air kecil (kencing), kalau bisa setiap 3 jam sekali. Hal ini dilakukan untuk mengosongkan kandung kemih dan menghindari berkembangnya bakteri
Jika sedang di toilet umum, hindari cebok menggunakan air yang ditampung di bak atau ember, gunakan air bersih dari kran yang disediakan

#Rajin mengganti pakaian dalam

#Pilihlah toilet dengan WC jongkok, karena toilet seperti ini menghindarkan kontak langsung antara kulit dan toilet, jadi lebih bersih dan higeinis. Jika terpaksa menggunakan toilet duduk, bersihkan dulu permukaannya menggunakan tisu

#Memperhatikan kebersihan sekitar organ intim

#Membersihkan organ kelamin dengan sabun khusus yang memiliki pH seimbang

#Saat cebok, usahakan untuk membersihkannya dari depan ke belakang untuk menghindari berpindahnya kuman dari dubur ke alat vital.

Nah di atas telah di jelaskan panjang lebar mengenai Infeksi Saluran kemih ini.

Dan untuk selanjutnya adalah mengenai cara pengobantannya.

Biasanya yang sering terjadi, infeksi saluran kemih ini kalau meujuk pengobatan medis, maka akan di guanakan obat-obatan sejenis antibiotik untuk menyembuhkannya.

Namun tidak semua kasus sebenarnya harus di tangani secara medis. Karena buktinya banyak ramuan alami atau herbal yang di gunakan untuk mengatasi berbagai penyalit ini.

Cara Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

1. Konsumsi mentimun

Mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa memberikan efek menyegarkan. Karena dalam timun, mengandung banyak sekali gel alami dan air. Selain itu, mentimun juga mengandung bermacam-macam nutrisi seperti misalnya serat, vitamin C, mineral serta air.

Oleh sebab itu tidak heran jika makan mentimun bisa bermanfaat dalam mengatasi keluhan saluran kencing. Selain mencegah rasa sakit yang di timulkan, mentimun juga ikut mendorong agar penderita keluhan ini bisa buang air kecil dengan lancar, tanpa merasakan panas dan kesulitan buang air kecil.

2. Perbanyak cairan

Dengan minum banyak air putih, maka potensi frekuensi kencing akan meningkat. Dan tips tersebut merupakan salah satu cara mentasi rasa sakit akibat infeksi saluran kemih maupun uga bisa di gunakan sebagai cara mengatasi anyang-anyangan paling ampuh.

Ketika Anda minum air putih dalam jumlah yang lumayan banyak, maka sangat mungkin bakteri yang terdapat dalam saluran kemih dan kandung kemih keluar bersama-sama dengan urin. Jadi, sangat di sarankan untuk minum minimal 8 gelas air putih yang sehat per harinya.

3. Konsumsi kunyit

Keluhan Infeksi saluran kemih juga dapat di obati menggunakan kunyit. Rempah berkhasiat ini banyak mengandung kurkumin yang mempunyai sifat alami anti jamur, anti-inflamasi, serta anti-bakterial.

Ketiga sifat tersebut berperan dalam menghambat perkembangan seluruh mikroba, sehingga hal ini membuktikan kunyit sangat efektif dalam mengatasi infeksi saluran kemih. Caranya mengkonsumsinya, bisa di campur dengan minum susu yang dicampur dengan kunyit yang sudah di jadikan bubuk.

4. Daun kumis kucing

Nah selain dengan kunyit, mengobati infeksi saluran kemih dapat menggunakan daun kumis kucing.

Caranya cukup mudah, cukup rebus 10 lemabar daun kumis kucing tersebut dengan air secukupnya. Kemudian biarkan airnya mendidih selama kurang lebih beberapa menit, kemudian bisa langsung diangkat.

Selanjutnya bisa langsung di minum airnya selagi masih hangat. Sebaiknya minum saja hanya dua kali sehari. Oya, cara ini juga bisa di terapkan sebagai cara menegobati anyang-anyangan.

5. Hentikan kebiasaan Menahan kencing atau buang Air Kecil

Kebiasaan buruk yang sering di lakukan, dan menyebabkan infeksi saluran kemih adalah kebiasaan menahan keinginan untuk kencing saat buang air kecil.

Padahal kebanyakan orang yang memang malas atau sering menahan kencing tersebut bisa memicu berkembangbiaknya bakteri yang akan di salurkan dalam saluran kemih. Yang terjadi adalah, ketika Anda menahan kencing makaakan ada banyak bakteri yang berkumpul serta berkembangbiak di kandung kemih.

Dan dengan banyaknya anda melakukan kencing maka bisa di pastikan akan banyak bakteri yang bisa keluar dari kandung kemih serta saluran kencing.

6. Mengkonsumsi larutan air baking soda

Larutan air baking soda ini terbukti ampuh mengatasi infeksi saluran kencing. Saat Anda merasakan panas berlebihan saat Anda buang air kecil maka itu artinya merupakan pertanda yang serius. Dan untuk mengatasi kejadian tersebut bisa dengan melarutkan sesendok teh baking soda kedalam segelas air putih.

Kemudian aduk-aduk perlahan lalu minum saat pagi hari. Air larutan baking soda ini bermanfaat sebagai alkali yang mana alkali berfungsi memusnahkan bakteri yang ada dalam saluran air kencing serta memicu munculnya bakteri baik.

Dan satu lagi, hindarilah mengonsumsi garam selama mengobati atau melakukan terapi ini, agar tidak terkena sakit ginjal.

7. Mengkonsumsi jus seledri

daun seledri ialah salah satu sayuran yang mengandung sejenis senyawa khusus yang mana senyawa tersebut bersifat diuretik. Untuk melakukan terapi ini, Anda bisa membuat seledri tersebut menjadi jus yang yang segar.

Minumlah jus seledri ini satu hari sekali dan biasanya setelah itu anda bisa membuang air kecil dengan lancar. Terapi ini bisa juga di jadikan sebagai cara mengatasi anyang-anyangan dengan ampuh.

Anti Biotik untuk Mengatasi Infeksi Saluran Pencernaan

Biasanya penderia penyakit Infeksi Saluran Kemih, akan di resepkan oleh dokter, resepe obat anti biotik di bawah ini. Dengan catatan, infeksi saluran kemih tersebut bukanlah di sebabkan oleh batu ginjal.

1. Obat antibiotik yang pertama adalah Ciprofloxacin 500 mg, dan obat tersebut harus di habiskan sebanyak 10 butir serta di minum sehari 2 x sesudah makan.

2. Obat anti nyeri yang di minum sehari 3 x dan juga sesudah makan. Nama obat anti nyeri ini Urogetix 100 mg.

Namun yang namanya antibiotik bisa berisiko terhadap kesehatan anda, dan juga dapat berkomplikasi terhadap penyakit yang lainnya. Maka anda harus bisa meminimalisir dalam mengonsumsi antibiotik.

Maka dari itu, gunakanlah obat yang alami seperti buah cranberry dan buah yang kaya akan antioksidan dan kaya vitamin C. Karena hal itu lebih aman dan tidak ada efek samping jangka pendek maupun jangka panjang.

 

Cara Mengatasi Anyang Anyangan pada Anak

Tidak hanya pada orang tua saja, anyang-anyangan juga bisa terjadi pada anak kecil. Untuk itu sebagai orang tua anda harus tahu bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan pada anak anda.

*. Penyebab dan Cara Mengatasi Anyang-Anyangan pada Anak

Seperti yang terjadi pada orang tua, anyang-anyangan pada anak juga di tandai dengan rasa ingin buang air kecil yang emndesak, namuni urine yang di keluarkan hanya keluar sedikit. Selain itu saat mencoba mengeluarkan air pipisnya, maka ia juga merasakan seperti sensasi rasa terbakar di bagian kemaluannya.

Penyebab utama dari anyang-anyangan pada anak-anak ada dua, yaitu karena bakteri Escherichia Coli, serta beberapa jenis bakteri lainnya yang sering menginfeksi saluran cerna. Selain itu anyang-anyangan pada anak bisa juga di sebabkan kelainan bawaan di saluran kemih, lubang kemih tidak normal, serta adanya batu pada saluran kemih akibat sering menahan pipis.

*. Cara Mengatasi Anyang-Anyangan pada Anak Kecil

Biasanya Dokter akan melakukan pemeriksaan urin serta melakukan pengobatan. Jika di rasa perlu dokter akan memberikan antibiotik melalui infus serta menganjurkan pada sang anak untuk rawat inap di rumah sakit. Sedangkan untuk anak yang keluhan sakitnya tidak berat, atau hanya ringan, maka dokter biasanya akan memberi antibiotik oral untuk di minum.

Selain melakukan tindakan medis di atas, sebaiknya Orang tua melakukan beberapa hal atau tips di bawah ini sebagai cara mengatasi anyang-anyagan yang terjadi pada anak.

Nah, berikut ini ulasan selengkapnya mengenai tips cara mengatasi anyang-anyangan paling ampuh pada anak yang sebaiknya orang tua lakukan.

#Kurangi asupan cairan pada malam hari

Cara mengatasi ayang-ayangan yang pertama dapat di lakukan dengan cara mengurangi asupan cairan di malam hari. Yang paling penting hindari minuman bersoda untuk di berikan pada anak. Sebab, minuman soda dapat mengiritasi kandung kemih serta mengakibatkan ayang-ayangan.

#Rendam kaki sang anak di air dingin

Secara tradisional cara mengatasi ayang-ayangan yang sudah populer di ajarkan secara turun-temurun, ialah dengan merendam kaki di air dingin.

Caranya, terlebih dulu Air dingin di masukkan ke sebuah baskom atau bisa juga ember, lalu rendamlah kaki anak Anda di baskom atau ember tersebut sampai keluhan anyang-anyangan menghilang. Biasanya semakin dingin air yang di pakai semakin bagus, dan semakin cepat juga anyang-anyangan pergi. Atau lebih bagus lagi jika anda mencampurkan es batu ke dalam air rendaman tersebut agar reaksinya lebih maksimal.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa bapak/ibu lakukan jika mendapati anak anda mengalami anyang-anyagan. Cara mengatasi anyang-anyangan di atas sebenarnya bisa juga diterapkan untuk mengobati anyang-anyagan yang terjadi pada orang dewasa.

Anyang Anyangan Tanda Hamil, Apakah Itu Benar?

cara mengatasi anyang-anyangan paling ampuh super
Ilustrasi anyang-anyangan pada ibu hamil

Tidak sedikit orang yang mempercayai jika ada wanita setelah menikah, lalu mengalami anyang anyagan maka itu adalah tanda-tandanya jika sedang hamil. Sebenarnya, munurut kaca mata medis apakah hal tersebut benar? Dan jawabannya adalah tidak benar.

Rasa ingin kencing atau berkemih pada orang hamil berbeda dengan anyang anyangan. Pada orang hamil berkemih memang frekuensinya lebih sering dari orang normal. Namun saat kencing tidak ada efek lampias ( kencing berhenti tetapi rasanya masih ingin kencing).

Untuk meyakinkan anda sebaiknya segera melakukan pengecekan kehamilan, atau pergi ke dokter untuk memastikannya.

Anyang-Anyangan Wanita

Anyang-anyangan pada wanita normal biasanya berlangsung hanya sehari hingga tiga hari, tapi bila anyang-anyangan pada wanita berlangsung lebih dari sehari bahkan berhari-hari, hal itu patut diwaspasdai karena bisa jadi merupakan tanda suatu penyakit di saluran kemih.

Anyang-anyangan bisa terjadi begitu saja, tapi anyang-anyangan yang terjadi lebih dari tiga hari biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut.

**Penyebab anyang-anyangan pada wanita

*. Kebersihan organ intim yang tidak terjaga dengan baik

Penyebab umum anyang-anyangan pada wanita adalah kebersihan organ intim yang tidak terjaga dengan baik. Tidak membersihkan organ intim sebelum maupun setelah berhubungan badan membuat kuman dan bakteri yang ada di sekitar organ intim masuk ke dalam saluran kemih, sehingga akan mengakibatkan anyang-anyangan sehari atau 2 hari setelah berhubungan badan.

Begitu juga dengan kebiasaan membilas dari belakang ke depan setelah buang air besar atau kecil. Tindakan ini menyebabkan bakteri dari anus masuk ke saluran kencing.

*. Kuman

Kuman masuk ke dalam saluran kemih juga bisa menjadi penyebab anyang-anyangan pada wanita. Kuman bisa berasal dari mana saja, dari toilet yan gtidak bersih, pakaian dalam yang kotor dan lainnya.

*. Bakteri chlamydia

Penyebab anyang-anyangan pada wanita selanjutnya adalah bakteri chlamydia. Selai menyebabkan anyang-anyangan, bakteri chlamydia juga menjadi penyebab masalah keputihan pada wanita.

*. Diabetes

Penyakit diabetes juga bisa menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan pada wanita. Penderita diabetes biasanya mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil sebagai reaksi dari penyakit diabetes yang diderita.

*. Batu ginjal

Penyakit batu ginjal juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih pada pria maupun wanita sehingga memicu anyang-anyangan. Batu ginjal tidak hanya menyumbat saluran kemih tapi juga menekan saluran kemih sehingga menimbulkan perasaan ingin buang air kecil berkali-kali.

*. Struktur organ kewanitaan yang tidak normal

Struktur organ kewanitaan yang tidak normal seperti posisi saluran kemih yang lebih tinggi daripada refluks urin akan meningkatkan tekanan hidrostatik sehingga mengakibatkan infeksi saluran kemih. Demikian juga dengan ukuran uretra yang lebih pendek menyebabkan bakteri dan kuman bisa maasuk ke saluran kemih sehingga menyebabkan infeksi saluran kemih.

*. Menopause

Menopause pada wanita lanjut usia juga bisa menjadi penyebab anyang-anyangan. Kadar hormon estrogen yang menurun pada wanita usia lanjut meningkatkan resiko infeksi saluran kemih yang memicu anyang-anyangan.

*. Dehidrasi

Penyebab anyang-anyangan selanjutnya yakni kondisi dehidrasi. Kondisi dehidrasi menyebabkan tubuh seseorang mengurangi jumlah urine untuk mempertahankan cairan dalam tubuh sehingga meski frekuensi buang air kecil meningkat tapi volume urine yang dikeluarkan hanya sedikit.

*. Alat KB

Penggunaan alat KB terutama berbentuk spiral yang dimasukkan ke dalam rahim wanita terkadang bisa memicu anyang-anyangan pada wanita.

*. Kehamilan

Anyang-anyangan juga sering terjadi pada wanita hamil. Ketika usia kandungan sudah membesar maka kandungan bisa menekan kantung kemih sehingga memicu kenaikan frekuensi buang kecil.

Ada beberapa gejala yang menandakan seseorang mengalami anyang-anyangan cukup serius.

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan dengan Cepat dan efektif.

Minum campuran air hangat dan garam

Anyang-anyangan yang berlangsung berhari-hari bisa diredakan dengan meminum campuran air hangat dan garam.

Minum air putih yang banyak

Minum air putih yang banyak bisa mengurangi gejala anyang-anyangan dan menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Air putih juga membantu melancarkan pembuangan urine dan mengeluarkan bakteri dan kuman penyebab anyang-anyangan.

Mengkonsumsi perasan jeruk nipis dan gula pasir

Obat alami untuk anyang-anyangan selanjutnya adalah perasan jeruk nipis dan gula pasir. Anda bisa mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dicampur dengan air hangat dan gula pasir secukupnya. Kemudian aduk hingga merata lalu diminum.

Mengkonsumsi ramuan daun kumis kucing

Daun kumis kucing juga bisa dipakai sebagai obat anyang-anyangan berhari-hari. Caranya, keringkan beberapa helai daun kumis kucing kemudian seduh daun kumis kucing yang sudah kering tersebut dengan air panas. Tambahkan gula jawa secukupnya ke dalam seduhan daun kumis kucing tadi dan aduk hingga merata baru diminum.

Rebusan buah sirsak setengah matang

Kandungan vitamin C di dalam air rebusan buah sirsak yang masih setengah matang juga bisa digunakan sebagai obat anyang-anyangan. Cara membuat ramuan ini pun cukup mudah.

Kupas sirsak yang masih setengah matang kemudian rebus menggunakan air dan tambahkan gula pasir secukupnya hingga menyisakan setengahnya saja. Saring air rebusan sirsak tersebut kemudian minum selagi hangat. Anda bisa meminum ramuan ini dua kali sehari hingga gejala anyang-anyangan mereda.

Rebusan kunyit

Kunyit terkenal memiliki khasiat mengobati berbagai penyakit, termasuk salah satunya anyang-anyangan. Ramuan kunyit untuk anyang-anyangan berhari-hari bisa dibuat dengan cara mengiris tipis-tipis kunyit yang telah dicuci bersih. Kemudian rebus irisan kunyit dengan air sebanyak 4 gelas hingga menyisakan setengahnya lalu diminum. Untuk hasil yang optimal, Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini dua kali sehari.

Ramuan Jahe

Selain kunyit, Anda juga bisa mengobati anyang-anyangan yang berlangsung berhari-hari dengan menggunakan ramuan jahe. Pertama-tama, pilihlah jahe berukuran sedang sebanyak dua rimpang kemudian bakar hingga aromanya keluar.

Jahe yang telah dibakar kemudian digeprek kasar lalu direbus dengan air sebanyak 4 gelas hingga mendidih. Sisakan hingga setengahnya lalu minum selagi masih hangat. Agar tidak terlalu pedas, Anda bisa menambahkan sedikit madu ketika meminum ramuan jahe ini.

Mendengarkan suara gemericik air

Cara yang terakhir ini mungkin terdengar sedikit aneh tapi gemericik air keran terbukti mampu mengatasi permasalahan anyang-anyangan dan kesulitan berkemih. Anda bisa mendengarkan suara gemericik air keran dalam volume yang kecil di kamar mandi untuk merangsang berkemih.

Nah itu dia di atas mengenai ulasan tentang anyang-anyagan, apa yang menjadi pemicu atau penyebabnya serta bagaimana cara mengatasi anyang-anyagan dengan bahan alami atau cara tradisional dengan sederhana. Biasanya setelah melakukan berbagai cara mengatasi anyang-anyangan di atas anda bisa sembuh beberapa saat setelah menjalankan pengobatan atau terapi.

Akan tetapi jika setelah menerapkan cara mengatasi anyang-anyangan di atas, dan anda tidak mengalami kesembuhan maka sebaiknya anda pergi ke apotik untuk membeli obat antibiotik atau pergi ke dokter terdekat. Agar mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk anti biotik yang biasanya di gunakan untuk mengatasi anyang-anyangan, adalah beberapa jenis obat di bawah ini .

Antibiotik Untuk Anyang Anyangan

TRIMETHOPRIM-SULFAMETHOXAZOLE

Nama Generik : Co-trimoxazole

Nama Dagang : Bactrim® (Roche), Kaftrim® (Kimia Farma), Inatrim® (Indo Farma), Primadex® (Dexa Medica), Sanprima® (Sanbe), Triminex® (Konimex)

Indikasi dari obat ini: mengatasi Infeksi Saluran Kemih, mengatasi Infeksi Saluran Pencernaa, mengatasi Infeksi Saluran Pernapasan, serta mengatasi Infeksi kulit

Kontra Indikasi : obat ini hipersensitif terhadap komponen obat, serta anemia megaloblastik

Dosis yang di anjurkan:

Untuk anak yang berusia diatas 2 bulan : 6-12 mg trimethoprim/ kg setiap harinya, dan terbagi dalam 2 dosis
Untuk dewasa : 2 x sehari 2 tablet atau bisa juga 2 x sehari 1 kaplet

Efek Samping dari obat anti biotik ini: rasa mual, muntah, nafsu makan menurun, dan kemerahan pada kulit.

Mungkin akan terjadi efek yang lebih buruk bagi hidup anda. Maka dari itu, saya selalu menyarankan untuk menggunakan obat alami seperti ekstra buah cranberry dan buah lainnya. Karena itu sangat aman dan sangat direkomendasikan.

Susah Buang Air Kecil

Seperti yang kita ketahui, buang air kecil merupakan salah satu aktivitas wajib yang pasti dilakukan oleh manusia, dan hal tersebut malah wajib sifatnya. Sebab, dengan kita mengeluarkan air urine tersebut, maka keluar juga racun-racun dalam tubuh.

Jadi, bisa di bilang rutinitas buang air kecil merupakan hal penting yang selalu harus di lakukan, agar racun dalam tubuh hilang serta tidak menyebabkan penyakit hinggap dalam tubuh. Seperti misalnya infeksi saluran kemih, prostat dan banyak lagi penyakit lainnya.

Gejala Susah Buang Air Kecil

*. Munculnya rasa perih ketika buang air kecil.

*. Kelelahan meski tidak bekerja berat.

*. Merasa demam.

*. Nyeri di bagian panggul.

*. Frekuensi buang air kecil meningkat tapi volume urine yang dikeluarkan sedikit.

*. Bau urine lebih menyengat daripada biasanya bahkan terkadang disertai dengan bercak darah.

Jika gejala-gejala tersebut dirasakan selama lebih dari tiga hari atau bahkan berhari-hari, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap sampel urine dan memberikan obat antibiotik, pereda nyeri dan obat-obatan lainnya untuk mengurangi gejala susah buang air kecil.

Selain menggunakan resep dokter, ada beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati susah buang air kecil berhari-hari.

Penyebab Sakit Buang Air Kecil

#Karena terlalu sering menahan kencing

Biasanya hal yang paling sering terjadi, yang menyebabkan buang air kecil terasa sakit adalah karena kebiasaan buruk terlalu sering menahan kencing. Karena kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan terjadinya penumpukan urine di area ginjal serta kandung kemih.

Dan hal tersebut, apabila berlangsung lama maka pada saat urine di keluarkan yang terjadi adalah rasa sakit yang mendera. Hal buruk lainnya selain rasa sakit yang di timbulkan adalah, terjadinya berbagai infeksi pada organ pencernaan dalam tubuh.

#Kurang Serat

Serat merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk tubuh yang wajib dipenuhi, karena nutrisi ini berfungsi untuk memperlancar pencernaan di saluran pencernaan manusia. Dengan memenuhi serat yang cukup, maka tubuh, mampu melakukan berbagai tugas, khususnya proses pencernaan serta pengeluaran dengan baik serta lancar.

Dan apabila hal tersebut tidak terpenuhi, maka pencernaan mengalami seret, yang akhirnya menyebabkan timbulnya rasa sakit saat buang air kecil. Dan selain itu saat tubuh kurang serat, bukan hanya susah buang air kecil, tetapi juga susah pula saat melakukan buang air besar.

Oleh sebab itu, jika tidak ingin mengalami kejadian buruk di ata, sebaiknya penuhi nutrisi serat dalam tubuh anda. dengan rajin mengkonsumsi sayuran serta asupan lain yang kaya akan serat.

Penyebab sakit buang air kecil pada wanita

Nah jika di atas adalah penyebab sakit saat buang air kecil yang terjadi pada manusia pada umumnya, sedangkan yang berikut ini lebih atau khusus buat para wanita.

Pada wanita beberapa hal yang menyebabkan sakit saat buang air kecil selain berbagai hal yang telah di sebutkan di atas, ada lagi beberapa penyebab lainnya. Nah berikut ulasannya.

#Salah dalam melakukan cebok

Hal ini sangat penting buat wanita. Saat anda habis melakukan buang air besar, sebaiknya selalu melakukan cebok dari arah depan ke belakang. Jangan sebaliknya.

Jika yang terjadi sebaliknya, yaitu dari belakang ke depan, maka sisa kotoran dari tinja yang kita keluarkan akan masuk ke dalam lubang intim. Dan itu bisa menyebabkan infeksi yang menyebabkan rasa sakit saat buang air besar.

#Para Wanita yang sudah memasuki masa menopause

Biasanya para wanita yang sudah berusia lanjut, atau yang telah berhenti menstruasinya sangat rentan terkena infeksi saluran kemih. Sebab kurangnya estrogen dalam tubuh.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Kecil

Cara mengatasi rasa sakit saat buang air kecil, bisa lakukan dengan menerapakan beberapa tips di bawah ini. silahkan di simak.

#Hentikan mengkonsumsi alkohol serta kebiasaan merokok dan
konsumsi buah serta sayur-sayuran secara cukup
#Rutin olahraga
#Minum air putih yang cukup
#Jangan lakukan kebiasaan buruk, menahan buang air kecil
#Konsumsi makanan tinggi serat
#Lakukan pemeriksaan rutin atau medikal cek up atau pemeriksaan ke dokter

Apa itu buah cranberry dan bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan dengan buah itu?

Menurut rujukan dari wikipedia cranberry ini adalah tanaman yang berasal dari keluarga ericaceae dan dari genus vaccinium. Buah ini adalah buah yang sering diperdagangkan dengan harga yang tak terlalu mahal dan digunakan sebagai jus,saos, papi dan sebagainya. Selain itu, buah cranberry kering biasa dimakan sebagai camilan.

Beberapa tahun ini, penelitian mengenai manfaat buah cranberry ini dikenal dalam penyembuhannya karena kandungan vitamin C dan juga tingginya antioksidan. Selain itu ada kandungan carotene, vit A, lutein, folate, magnesium dan potasium juga baik bagi kesehatan anda, dan yang penting bisa menyembuhkan anyang-anyangan ini.

Jenis jenis cranberry ini meliputi howe cranberry, stevens cranberry, ben lear, dan early black

Ada 21 manfaat buah cranberry bagi kesehatan kita seperti:

 

  • Mengatasi infeksi saluran kemih
  • Mengatasi anyang-anyangan
  • Mencegah dan menyembuhkan kanker
  • Mencegah penyakit kardiovaskular
  • No diabetes karena rendah kalori
  • Menghancurkan bakteri jahat
  • Menghindari tekanan darah tinggi
  • Menyehatkan ginjal
  • Membantu memperlancar pencernaan
  • Menetralisir toksis atau racun
  • Menjaga kekuatan gigi
  • Mengurangi gejala penyakit pernafasan
  • Meminimalisir obesitas dan membantu diet
  • Mencegah dan menyembuhkan tumor
  • Membantu meredakan magh
  • Menjaga kesehatan mata
  • Baik untuk kesehatan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Menyembuhkan flu dan batuk
  • Menangani demam

Anda bisa mengonsumsi buah buahan yang sudah masak atau bisa menggunakan buah cranberry kering yang biasa dijual dalam bentuk buah kering. Konsumsi secara rutin, maka anda akan lebih terhindar dari anyang-anyangan.

Nah di atas adalah ulasan lengkap seputar anyang-anyangan, bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan paling ampuh dan juga berbagai gejala serta indikasi penyakit yang menyertainya.

Idealnya perhatikan berbagai penyebab serta cara menghindari keluhan tersebut, terapkan berbagai macam cara mengatasi anyang-anyangan paling ampuh di atas, dengan sebaik-baiknya dan cegah sejak dini efek buruk yang di timbulkan dari keluhan anyang-anyangan tersebut.

Semoga bermanfaat. Silakan bookmark dan selalu kunjungi blog ini ya kawan…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.