Antibiotik untuk Jerawat Meradang Paling Ampuh dan Bagus

Hai sobat langnusa, apakah kalian sedang mencari obat antibiotik untuk jerawat meradang?. Memang nama obat maupun salep antibiotik jerawat itu banyak sekali, nah pada kesempatan kali ini, saya ingin mengulas lebih lanjut mengenai hal ini. Silakan simak penjelasannya.

Memang jika kita berkunjung ke apotik atau toko obat, itu tersedia berbagai macam salep antibiotik untuk jerawat. Berbagai jenis ada, namun belum tentu hal tersebut cocok buat anda. Semua itu akan mengondisikan dengan jenis jerawat dan jenis kulit kalian. Jadi tidak ada istilah obat jerawat paling ampuh di apotik, karena bisa jadi di satu orang manjur di orang lain gak manjur.

Contoh antibiotik untuk jerawat itu ada clindamycin, doxycycline, amoxicillin, dan sebagainya. Memang manfaatnya semua antibiotik itu apabila cocok itu akan langsung terasa dalam 1×12 jam. Seperti khasiat clindamycin untuk muka ini memang manjur, namun bukan berarti efek samping clindamycin untuk jerawat itu tidak ada loh ya…

Antibiotik untuk Jerawat Meradang Paling Ampuh

antibiotik jerawat di apotik

Antibiotik dapat mengobati jerawat paling yang tergolong inflamasi, yaitu jerawat papule dan pustule.

Jadi cara kerja dari antibiotik adalah dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun biasanya di antibiotik terdapat berbagai jenis bahan yang dapat digunakan untuk mengeringkan dan membantu pengelupasan.

Namun pemakaian jenis antibiotik ini bisa berbahaya jika penggunaannya tidak tepat atau diatas dosis.

Menurut saya, yang terbaik itu adalah resep obat jerawat dari dokter spesialis kulit. Karena jika kalian mencoba mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter, maka nantinya akan diberikan obat obatan yang memang cocok dan tepat buat jerawat Anda. Daripada beli langsung di apotek, itu belum tentu cocok, malahan bisa berbahaya buat kesehatan loh.

Seperti yang saya kutip dari suatu sumber, menyatakan bahwa dalam suatu penelitian terhadap wanita di atas umur 25 tahun yang mengidap penyakit jerawat jenis Acne Vulgaris, sekitar 82% dari mereka gagal terapi dengan berbagai antibiotik dan sebanyak 32 % dari mereka telah kambuh setelah pengobatan dengan satu atau lebih dengan program isotretinoin oral.

Jadi sebenarnya efek yang ditimbulkan dari antibiotik ini memang berhasil jika dilakukan dengan terus menerus. namun saat dilakukan pemberhentian dalam mengonsumsi obat, maka itu akan menyebabkan kambuh kembali, bahkan dengan efek yang lebih besar.

Jadi hindari obat antibiotik untuk jerawat jenis minum. Karena banyak obat minum untuk jerawat di apotik, maka Anda sebaiknya hindari ini, kalau mau menggunakannya, pilih saja jenis cream atau salep atau gel yang langsung kontak pada jerawat.

Obat minum untuk jerawat meradang jenis antibiotik bisa menyebabkan bakteri baik dalam usus mati. Dan apabila hal ini terjadi, maka akan ada masalah tersendiri di pencernaan. Misalnya nutrisi tidak terserap sempurna oleh tubuh, tidak cepat terjadi pembusukan makanan dan sebagainya.

Bahkan efek samping jangka panjang penggunaan antibiotik untuk jerawat ini berbahaya bagi tubuh.

Maka dari itu yang saya sarankan kepada kalian kalau ingin tetap menggunakan antibiotik adalah:

1. Pilih antibiotik jerawat jenis oles atau salep cream/ lotion
2. Pilih yang dosisnya rendah
3. Jangan menggunakan terlalu sering untuk menghindari ketergantungan
4. Jangan menggunakan secara berlebihan
5. Kalau ada gunakan dahulu sabun muka yang dapat menghilangkan jerawat dengan cepat
6. Gunakan saat kondisi jerawat meradang dan parah saja

salep jerawat yang bagus menurut saya adalah klindamisin, karena ini yang paling sering di berikan oleh dokter kulit.

Banyak review clindamycin untuk jerawat yang berkomentar positif. Jadi kebanyakan orang cocok untuk sekedar membantu meringankan jerawat yang sedang parah meradang.

Clindamycin 150 mg dan 300 mg untuk jerawat ini bisa anda beli di apotik. Dan Anda coba sendiri hasilnya. Jika terasa panas membakar atau terjadi sesuatu yang tidak nyaman dan tidak menyembuhkan pada jerawat Anda, maka segera hentikan. Mungkin itu tidak sesuai untuk jenis kulit Anda.

Clindamycin adalah antibiotik yang berasal dari golongan linkosamid yang berfungsi untuk membantu mengobati infeksi bakteri pada hampir seluruh organ tubuh kita seperti gigi, kulit, sendi, saluran kencing, tulang dan sebagainya. Jadi bukan cuma buat jerawat saja.

Dalam artikel sebelumnya yang membahas mengenai “apakah dermatix gel bisa menghilangkan bopeng/bekas jerawat?“, disitu sudah diterangkan bahwa tidak semua jenis obat yang bisa digunakan di bagian lain bisa digunakan untuk kulit muka. Namun kalau clindamycin ini bisa Anda gunakan untuk bagian lain dan juga muka.

Namun penanganan jerawat ini sebenarnya penanganan yang lama dan menyeluruh. Jadi dengan antibiotik saja tidak akan cukup. Karena hal ini hanya membantu sementara saja.

Maka dari itu… Beberapa hal dibawah ini bisa dilakukan oleh anda untuk membantu menghilangkan jerawat:

*.Mencuci muka minimal 2 kali sehari memakai sabun anti bakteri.

*. Mencuci muka saat berminyak dan terasa tebal serta kotor

*. Lap hingga kering muka anda dengan handuk berbahan halus sehabis mandi.

*. Lap muka dengan tisu antibakteri saat banyak berkeringat.

*.Gunakan make up dan semua jenis bahan kecantikanyang bersifat non comedogenik.

*. Bersihkan muka dari berbagai jenis make up sebelum tidur.

*.Istirahat yang cukup minimal tidur 6 jam sehari.

*. Gunakan krim oles atau lotion yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat atau bisa juga gunakan asam retinoat untuk mencegah jerawat, menyembuhkan jerawat serta membantu menghaluskan kulit.

*. Keramaslah secara teratur agar rambut bersih dan tidak mengiritasi muka.

Demikianlah pembahasan mengenai antibiotik untuk jerawat meradang paling ampuh dan bagus buat kita. Yang mana intinya gunakan saja yang aman dan sesuai petunjuk dari dokter. Hal ini agar tidak terjadi komplikasi resistensi antibiotik yang membahayakan diri anda.

Semoga pembahasan mengenai hal ini bermanfaat buat kita semua. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog langnusa.com ini setiap hari ya… Pasti akan ada banyak info menarik untuk anda simak.

Terima kasih atas kunjungan anda…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.