Hukum Selfie Menjulurkan Lidah Bagi Wanita dalam Islam

Selfie lidah keluar melet – Di zaman sekarang, selfie tau kegiatan berfoto sendiri menggunakan kamera atau smartphone merupkan hal wajar dan tidak dapat terhindarkan. Baik anak-anak, remaja atau pun orang dewasa sering melakukannya.

Selfie sepertinya sudah menjadi kegiatan yang mendarah daging. Tidak hanya berfoto saja, kini banyak sekali bermacam gaya yang bisa dilakukan saat selfie itu sendiri. Misalnya saja gaya berfoto dengan menjulurkan lidah.

Perlu anda ketahui, bahwasannya jika berfoto dengan menjulurkan lidah itu dapat disamakn seperti anjing. Anjing merupakan salah satu hewan yang diharamkan oleh agama Islam. Banyak yang beranggapan bahwa foto menjulurkan lidah tanda kiamat.

Apakah anda tau alasan kenapa anjing selalu menjulurkan lidahnya? Alasan yang mendasarnya ada tiga, yaitu anjing tersebut merasa kehausan, anjing merasa kepanasan, dan alasan yang terakhir adalah anjing tersebut sedang memberikan tanda ingin disetubuhi oleh lawan jenisnya (sering dilakukan oleh anjing betina).

Apakah anda mau perilaku anda disamakan seperti seekor anjing?

Oleh sebab itu ada larangan wanita menjulurkan lidah. Mengapa?

Hukum Menjulurkan Lidah Bagi Wanita dalam Islam

selfie menjulurkan lidah wanita

Karena Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “jika seorang diantara kamu sujud, maka janganlah ia turun sujud sebagaimana mendekamnya onta. Hendaklah ia meletakan kedua tangannya sebelum kedua mulutnya”. Ini merupakan salah satu hadist yang melarang wanita menjulurkan lidah saat berfoto selfie.

Selain hadist tersebut, Rasulullah SAW juga bersabda tentang orang yang menyerupai perilaku suatu kaum. Rasulullah SAW bersabda bahwa “barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk golongan mereka”, HR. Abu Dawud.

Dari hadist-hadist diatas dapat kita simpulkan bahwa hukum foto menjulurkan lidah dalam islam dapat dikatakan haram karena islam melarang menyerupai suatu kaum (hewan, binatang dll), yakni anjing.

Sebagai manusia yang merupakan makhluk yang sempurna karena diberi akal, sepatutnya kita dapat memilah dan memilih mana yang benar dan mana yang salah. Sangat menyimpang jikalau kita malah berperilaku layaknya seekor binang, yang secara mendasar mereka selalu mengikuti hawa nafsu dan nalurinya semata.

Sebagai khalifah dibumi Allah ini, alangkah baiknya kita tidak melakukan hal-hal yang hina seperti berfoto selfie menjulurkan lidah tersebut. Terutama untuk wanita, jika berfoto selfie dengan menjulurkan lidah maka anda akan terlihat harga dirinya sangat rendah.

Selayaknya kita sebagai hamba Allah yang dikaruniai berbagai kelebihan harus dapat menjaga kehormatan sebagai pribadi, sehingga tidak perlu melakukan hal-hal yang diluar aturan dan sunnah dalam Islam.

Sangat dianjurkan untuk berperilaku sebagaimana yang telah dianjurkan oleh Al-Qur’an dan hadist, serta sunnah-sunnah Rasulullah dalam melakukan aktivitas keseharin. Misalnya saja adab dalam berperilaku.

Demikianlah ulasan mengenai hukum wanita menjulurkan lidah saat berfoto selfie. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Wallahu’alam.

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog langnusa ini ya kawan…. semoga kalian bisa dapat banyak hal dari blog ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya…

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.