Cara Menjernihkan Minyak Jelantah Paling Mudah

Hai sobat langnusa, berbagai tips menjernihkan minyak goreng bekas memang sangat dibutuhkan mengingat setiap rumah biasa nya memasak hingga 3x dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga, dan hal seperti ini tentunya tidak lepas dari penggunaan minyak goreng, apalagi jika suka membuat tumisan atau makanan yang berminyak.

Dalam hal ini pengguna juga harus menjaga bahan makanan yang digunakan, salah satunya adalah minyak goreng yang digunakan.

Meskipun minyak goreng hanya digunakan satu kali, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa minyak tersebut sudah tidak layak pakai. Apalagi jika minyak sudah berubah warna menjadi hitam, tentu anda harus menggantinya.

Tapi bagi anda yang ingin menggunakan nya kembali, anda bisa menjernihkan nya dengan beberapa cara, misalnya saja cara menjernihkan jelantah dengan Hidrogen Peroksida, mengkudu dan lain sebagainya.

Cara Menjernihkan Minyak Jelantah

Berikut adalah beberapa cara untuk memurnikan minyak goreng bekas atau minyak jelantah yang bisa anda gunakan:

Menggunakan Buah Mengkudu

Cara menjernihkan minyak goreng curah adalah dengan menggunakan buah mengkudu. Buah mengkudu ternyata selain digunakan untuk kecantikan dan kesehatan kulit, buah ini juga bisa menjernihkan minyak. Cara nya sangatlah mudah, anda hanya perlu mengambil buah mengkudu yang sudah masak secukupnya saja ( 1 mengkudu bisa menjernihkan sekitar 250 ml).

Setelah itu haluskan dan peras, kemudian ambil sari dari buah mengkudu tersebut dan campurkan dengan minyak jelantah. Langkah selanjutnya adalah anda harus memanaskan nya dengan suhu 50 derajat dan pertahankan kondisi tersebut hingga minyak berwarna jernih, baru anda dinginkan dan lakukan penyaringan setelahnya agar bekas endapan yang terbentuk ketika pemanasan minyak hilang.

Menggunakan Ampas atau Sari Nanas

Cara menjernihkan minyak jelantah secara alami yang kedua adalah menggunakan ampas atau sari nanas, caranya adalah dengan siapkan ampas nanas sebanyak 3 kg, kemudian cuci hingga bersih.

Setelah itu anda keringkan ampas tadi menggunakan oven dengan suhu 160 derajat selama 1 jam saja, jika ampas sudah berubah bentu menjadi karbon, anda blender ampas tersebut hingga halus dan masukkan ke dalam minyak jelantah. Untuk 3 kg ampas, anda bisa menjernihkan 20 liter minyak.

Diamkan selama 3 jam penuh, kemudian saringlah menggunakan kain untuk memperoleh minyak yang bagus.

Manggunakan Nasi

Selanjutnya adalah cara menjernihkan minyak jelantah dengan nasi dan tepung, caranya juga sangat mudah. Ini adalah cara daur ulang minyak jelantah yang sangat mudah dilakukan

Ambillah segenggam nasi, setelah itu padatkan dengan cara diremas-remas. Setelah nasi sudah benar-benar keras, anda masukkan nasi tersebut ke dalam penggorengan yang masih panas. Setelah itu tekanlah nasi yang anda goreng tadi hingga remahan sisa penggorengan nya menempel pada nasi.

Bagaimana? Apakah cara menjernihkan minyak jelantah sangat mudah? Sebenarnya ada juga cara menjernihkan minyak jelantah dengan kulit pisang/arang yang bisa anda gunakan, tetapi ketiga cara di atas juga sangat ampuh sehingga anda bisa menggunakan nya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menjernihkan minyak jelantah atau minyak goreng bekas yang berwarna hitam keruh. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya.

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog langnusa ini ya…

Thanks.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.