Cara Menanam Singkong Hasil Memuaskan dan Melimpah Ruah

Hai sobat langnusa semuanya, mungkin kalian sedang mencari cara menanam singkong hasil memuaskan, karena pada umumnya menanam singkong itu cuma 1 atau 2 kg per tanaman saja

Selain padi dan jagung ada tanaman pangan lain yang mengandung karbohidrat, yaitu singkong atau Ubi kayu atau ada yang menyebutnya sebagai ketela pohon.

Budidaya singkong di Indoneia menyebar secara merata mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Banyak masyarakat tanah air yang memanfaatkan singkong sebagai sumber makanan pokok pengganti nasi.

Namun, saat ini singkong tak lagi dipakai sebagai makanan pokok, banyak masyarakat yang merubahnya menjadi makanan ringan siap makan seperti keripik, kue, dan bahan lainnya.

Meskipun cara menanam singkong dengan hasil memuaskan dapat kita lakukan dengan mudah karena dapat tumbuh dimana saja. Namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan itu sendiri diperlukan sedikit kerja keras.

Mengingat banyaknya tangan kreatif yang menjadikan singkong sebagai bahan utama untuk membuat makanan, semakin banyak pula yang berminat untuk menanam singkong dengan cara menanam singkong yang baik dan benar demi mendapatkan singkong dengan kualitas terbaik.

Secara umum singkong memiliki 2 varian yang berbeda, yaitu singkong manis dan singkong pahit. Yang sering diolah menjadi makanan karena lebih aman. Sedangkan singkong pahit ini aga jarang digunakan untuk diolah menjadi makanan karena ketika kita mengolah singkong pahit ini dengat tidak memiliki keahlian atau pengalaman sebelumnya kita dapat terkena racun sianida yang terkandung dalam singkong pahit ini.

Cara menanam singkong dengan hasil maksimal biasanya dapat dilakukan dengan menggunakan biji dan stek, namun yang lebih sering digunakan ialah metode stek. Selain itu mode sambung juga lebih bisa menghasilkan singkong maksimal.

Cara menanam singkong hasil memuaskan dan Melimpah Ruah

areal kebun singkong untuk menanam singkong

Untuk membudidayakan singkong kita bisa lakukan beberapa cara berikut.

Siapkan Lahan

Untuk menghasilkan buah yang baik tentunya kita harus menggunakan cara menanam singkong agar hasil maksimal dengan mempersiapkan lahan terlebih dahulu.

Hal pertama yang harus dilakukan ialah tahap penggemburan lahan tanam singkong mnggunakan singkong. Lahan yang sudah digemburkan dapat ditaburi pupuk kandang untuk menambah unsur hara pada tanah dan sebagai sumber nutrisi untuk tanaman singkong yang akan ditanam.

Siapkan bibit

Disinilah kuncinya dari rahasia singkong hasil terbesar. Yaitu menggunakan singkong menggunakan tempelan mata tunas ataupun dengan singkong secara sambungan.

Yang penting untuk bagian atas itu menggunakan singkong karet. Karena singkong karet ini akan menyerap energi matahari lebih banyak untuk proses fotosintesis. Sehingga hasilnya pula akan memuaskan.

Baca juga: Pengertian suara fals dan artinya

Menanam Bibit

Tanam bibit singkong dengan jarak antara bibit satu dan lainnya kita-kira 120cm x 120cm (120cm jarak bibit dengan yang lain x 120cm jarak antar lajur/kolom). Karena nanti singkong akan sangat panjang bisa sampai 2-3 meter dengan total berat hingga 30 kg lebih.

Perawatan tanaman singkong

Untuk memaksimalkan pertumbuhan singkong kita harus menggunakan cara menanam singkong agar berbuah banyak dengan menambahkan pupuk secara rutin dengan jarak waktu 3 sampai 4 minggu sekali. Lakukan dengan menggunakan pupuk kimia (Urea, TSP, KCI).

Pemanenan Singkong

Tanaman singkong pada umumnya dapat dipanen pada usia sekitar 7-10 bulan dari penanaman. Namun seiring dengan bertambahnya teknologi yang dapat menghasilkan varietas baru, ada singkong yang dapat dipanen pada bulan ke 5 dari penanaman.

Ciri-ciri tanaman singkong siap dipanen adalah daun-daun sudah mulai sedikit karena rontok, ubi singkong sudah besar (dapat dilihat dengan menggali tanah pada bagian ubi).

Penanganan pasca panen

Kumpulkan semua batang singkong yang tersisa untuk membersihkan lahan agar dapat ditanami kembali. batang ubi sisa ini dapat dijadikan bibit kembali.

Itulah Cara menanam singkong hasil memuaskan yang diulas kali ini, semoga dapat membantu kalian sebelum menanamnya.

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih atas kunjungannya Anda ke blog ini.

Jika serasa bermanfaat share ya artikel ini. Thanks.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.